Megawati Akan Bertemu Prabowo, PDIP Gabung KIM?

Hasto-Kristiyanto-diperiksa-KPK.jpg
(Iqbal Firdaus/kumparan)

RIAU ONLINE - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) disebut akan segera bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Namun, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto masih belum menegaskan hal ini.

Hasto mengatakan, partainya masih akan melakukan musyawarah saat kongres yang rencananya digelar pada 2025 mendatang.

"Terkait dengan keputusan strategis tentang posisi PDI Perjuangan terhadap pemerintahan ke depan," kata Hasto, dikutip dari KUMPARAN, Rabu, 18 September 2024.

"Kongres telah memberikan mandat kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," imbuhnya.



Hasto menuturkan, dalam kongres tersebut, akan menghimpun suara dari seluruh kader. Meskipun diketahui masa pemerintahan Prabowo-Gibran akan dimulai bulan depan.

"Dan kongres akan dilaksanakan pada 2025 dalam proses itu partai juga akan mendengarkan seluruh kehendak dari akar rumput PDI Perjuangan," tuturnya.

Hasto menyebutkan, sikap PDIP akan mengacu pada sikap ideologis, sebagai upaya untuk membentuk tata pemerintahan negara yang baik, yang diisi oleh kabinet-kabinet professional.

Selain itu, terkait dengan rencana pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Hasto belum bisa memastikan kapan waktunya. 

"Ya Ibu Mega saat ini masih berada di Rusia dan kemudian akan dilanjut ke Uzbekistan, karena antara Indonesia dan Uzbekistan disatukan oleh spiritualitas dan sosok Imam Al-Bukhori," pungkasnya.