Jokowi Kumpulkan 517 Kepala Daerah di IKN, Bakal Diberi Pengarahan

Kepala-daerah-kumpul-di-IKN2.jpg
(Foto: Youtube/ Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo mengumpulkan sebanyak 517 kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa, 13 Agustus 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan kepala daerah yang hadir merupakan gubernur, wali kota, hingga bupati, baik definitif maupun penjabat.

"Penjabat sebanyak 273 orang, gubernur ada 10 yang definitif penjabat ada 28, hadir saat ini langsung 517 gubernur, bupati, wali kota baik penjabat maupun yang definitif," kata Tito, dikutip dari kumparan.

Tito menyebut sejumlah kepala daerah berhalangan hadir di IKN, di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan dan Gubernur Sumatera Barat.

"Ada kepala daerah berhalangan hadir dan di antaranya adalah ada yang sakit Bapak, seperti Gubernur Kalimantan Selatan. Kemudian ada yang ibundanya sakit Gubernur Sumatera Barat dan beberapa juga ada yang mengikuti sidang paripurna DPRD, tapi ada juga yang kebetulan tidak mendapatkan transportasi karena rebutan pesawat Bapak untuk ke Balikpapan," tutur Tito.



Sebelum menerima pengarahan dari Presiden Jokowi, tutur Tito, para kepala daerah sudah diajak keliling IKN. Ia menilai, kepala daerah yang hadir hari ini menjadi saksi sejarah.

"Kita semua adalah bagian dari pelaku sejarah karena mungkin 50 tahun ke depan fotonya bukan seperti itu lagi itu Pak," ucap dia.

Eks Kapolri ini mengatakan, ratusan kepala daerah ini menginap di Hotel Nusantara. Ia memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang sudah bersedia datang dalam pengarahan bersama presiden.

"Kami ucapkan atas nama rekan-rekan kepala daerah mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak presiden yang telah memberikan kesempatan untuk hadir langsung di sini, di tempat yang sangat megah langsung dirasakan dan selanjutnya kami siap untuk menerima arahan dari Bapak Presiden," kata Tito.

Dalam awal sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat datang kepada para gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir dalam pengarahan ini.

"Selamat datang di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi disambut tepuk tangan hadirin.