KPU Riau Rakor Persiapan Pembukaan Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Rakor-KPU-Riau1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan pembukaan pendaftaran calon Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Riau. Rakor ini digelar oleh KPU RI pada 5 sampai 8 Agustus 2024 di Jakarta. 

Rapat koordinasi dibuka secara resmi oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU RI Idham Kholik. Peserta Rakor KPU Provinsi seluruh Indonesia. Dari Riau, yang hadir adalah Rusidi Rusdan selaku Ketua KPU Riau, Nahrawi selku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Nirson Kepala Bagian Teknis dan Suci Rahmadani Operator Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Holiday Inn & Suites Gajah Mada ini, berbagai pembahasan dilakukan mengenai mekanisme dan prosedur pemeriksaan kesehatan calon, termasuk penetapan standar kesehatan yang harus dipenuhi. 

"Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi pada tahapan pencalonan penyelenggara pemilihan serentak tahun 2024, khususnya dalam pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah," ujar Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan.



Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan calon merupakan aspek penting untuk menjaga kualitas pemilihan, maka harus dipersiapkan dengan matang. Usai pertemuan ini, KPU Provinsi Riau akan melakukan rakor yang sama dengan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, serta akan berkoordinasi dengan instansi terkait yang dalam hal ini Dinas Kesehatan Polda Riau, dan Dinas Pendidikan.

Selanjutnya, KPU Riau akan duduk bersama pihak terkait membahas petunjuk teknis pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah pada pemilihan serentak tahun 2024 ini.

"Dengan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antara KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dengan instansi terkait dan memperoleh dukungan masyarakat, diharapkan pemilihan serentak 2024 akan berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk masa depan bangsa," pungkasnya.