Jelang HUT ke-79 RI, BSSN Siapkan Strategi Keamanan Siber

hacker2.jpg
(Istimewa/ ttnews.com)

RIAU ONLINE - perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan upaya strategis untuk menangkal serangan siber.

Juru Bicara BSSN Ariandi Putra mengatakan, BSSN selalu memberikan informasi kepada publik terkait prediksi ancaman siber yang mungkin terjadi. 

"Kami melakukan berbagai upaya untuk memastikan keamanan siber selama perayaan tersebut," kata Ariandi, dikutip dari ANTARA, Selasa, 13 Agustus 2024.

Ariandi menjelaskan bahwa pada 2924, pihaknya melihat beberapa ancaman seperti penipuan online dengan pencurian data pribadi maupun lembaga, serangan yang mengenkripsi data, serangan terhadap server atau jaringan serta ancaman siber lainnya.

"Oleh karena itu, kami mengimbau semua penyelenggara sistem elektronik untuk memperkuat sistem keamanan mereka masing-masing," terangnya.



Ariandi mengungkapkan bahwa upaya ini sudah sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 yang mengamanatkan bahwa setiap penyelenggara sistem elektronik bertanggung jawab atas keandalan dan keamanan sistem mereka.

"Khususnya dalam ajang nasional dan internasional, sistem elektronik harus terlibat sebagai bagian dari rangkaian pengamanan," imbuhnya.

BSSN juga mengamankan ruang siber agar penyelenggaraan ajang nasional dan internasional bebas dari serangan siber.

"Meskipun ada upaya serangan, kami berhasil menghalau sehingga tidak berubah menjadi insiden siber. Ini penting sebagai kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dari kementerian maupun lembaga," pungkasnya.