Agus Gumiwang Kartasasmita Ditunjuk Menjadi Plt Ketum Golkar

Agus-Gumiwang-Kartasasmita-Ditunjuk-Menjadi-Plt-Ketum-Golkar.jpg
(Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

RIAU ONLINE - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menjabat sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar melalui musyawarah mufakat dalam Rapat Pleno Partai Golkar, Selasa, 13 Agustus 2024.

Rapat Pleno ini digelar pasca mundurnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Sabtu, 10 Agustus 2024 lalu.

Penunjukan Agus Gumiwang ini dibenarkan oleh Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid.

"Rapat Pleno sudah mengesahkan Plt ketua umum Pak Agus Gumiwang," kata Meutya, dikutip dari Liputan6.com.



Meutya juga menjelaskan, ada sejumlah agenda yang dibahas. Selain menentukan Plt Ketum Golkar,  juga ada membahas jadwal Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

"Rapat Pleno akan fokus pada agenda; pembacaan surat pengunduran diri Ketua Umum Airlangga Hartarto sekaligus penentuan plt ketum, penentuan jadwal Rapimnas, penentuan jadwal Munaslub," tutur Meutya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menegaskan, mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar tak ada kaitannya dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pengunduran diri Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar adalah pilihan/hak pribadi beliau yang selanjutnya sepenuhnya menjadi urusan internal Partai Golkar. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden," ucap Ari,Senin, 12 Agustus 2024.