Rahasia di Balik Lukisan Pahlawan Gugur Berkalung Salib di Kantor Kemenag

Yaqut-Cholil-Qoumas4.jpg
(Via suara.com)

RIAU ONLINE - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkap rahasia di balik lukisan seorang pahlawan berkalung salib di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menjadi pertanyaan Wakil Menteri Keuangan (Menkeu) Tommy Djiwandono.

Hal ini diungkap Menag Yaqut saat memberikan sambutan dalam Dialog Kebangsaan yang digelar Sayap Partai Gerindra, yakni Gerakan Kristen Indonesia Raya (Gekira) di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu, 3 Agustus 2024.

"Hari Rabu kemarin saya mendapatkan tamu kehormatan, Mas Tommy Djiwandono, datang ke kantor saya. Ada sebuah lukisan besar, lukisan itu menggambarkan bagaimana Bung Karno sedang memapah seorang pahlawan yang gugur dan pahlawan ini menggunakan kalung salib. Mas Tommy tanya ke saya, 'ini berani sekali masang gambar seperti ini'," kata Yaqut, dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 4 Agustus 2024.



Menag yang akrab disapa Gus Men itu pun menyampaikan bahwa rahasia berupa makna di balik
lukisan tersebut, adalah Kementerian Agama (Kemenag) adalah milik semua agama, bukan hanya kepunyaan satu agama. Lukisan itu pun disebut Yaqut sebagai gambarannya.

"Bahwa Indonesia ini merdeka bukan hanya satu kelompok agama saja yang berjuang, tetapi umat Kristiani juga ikut berjuang kemerdekaan. Jadi Bapak Ibu sekalian umat Kristiani yang ada di sini memiliki saham atas republik ini, jadi jangan minder," ujar Ketua Umum GP Ansor itu.

"Jadi enggak boleh merasa kecil, sama-sama punya saham kok, yang beda kan devidennya saja. Nah pembagiannya itu dibuat harus proporsional," sambung Yaqut.