Ahok Ceritakan 3 Pertemuannya dengan Anies Usai Bebas dari Tahanan

Ahok-dan-Anies1.jpg
(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./aww.)

RIAU ONLINE - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menceritakan pertemuannya dengan Anies Baswedan. Ia mengaku hanya tiga kali bertemu Anies setelah keluar dari tahanan.

Hal ini diungkap Ahok menanggapi Anies yang mengungkapkan komunikasi keduanya sebagai sesama warga. Ahok pun mengatakan dirinya juga berkomunikasi dengan Anies melalui WhatsApp.

"Aku gini ya, aku jujur aja nih, aku enggak etis tunjukin kalimat WA-nya ya. Saya ketemu Pak Anies setelah saya keluar dari tahanan cuma 3 kali," kata Ahok, dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 4 Agustus 2024.

Pertemuan pertama Ahok dan Anies terjadi saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta. Kedua, terjadi di hotel di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Ya tanya basa-basi, gimana kabar, apa gimana anak, gitu. Ya sudah pergi, itu juga buru," ujarnya.

Kemudian pertemuan terakhir, saat keduanya menghadiri acara pernikahan pada pertengahan Juli 2024.

Keduanya bahkan sempat foto bersama. Dalam pertemuan terakhir itu pula, Anies meminta nomor telepon Ahok.



"Ketemu Pak Anies, foto-foto, terus yuk kita foto-foto. Oh Pak Anies nanya, 'Nomor teleponnya yang mana nih?'. Terus saya kasih nomor ke Pak Anies. Dia catat. Waktu saya pulang, saya terima WA, 'tes, Anies'," jelasnya.

Ahok juga mengungkap bahwa Anies mengajak untuk berkumpul bersama. Namun, Ahok mengaku tak tahu, apakah berkumpul berdua saja atau dengan gubernur Jakarta terdahulu lainnya, mengingat keduanya merupakan mantan Gubernur Jakarta.

"Ya terus saya bilang, 'Ya terima kasih pak udah (kasih) nomor. 'Kalau ada waktu kita kumpul nih'. 'Iya pak, siap', gitu aja," ucapnya.

"Sampai hari ini enggak ada WA. Tapi kalau Pak Anies sebenarnya hampir enggak pernah kontak saya sih sebetulnya, cuma saya juga enggak tahu, saya kira dia enggak bermaksud mengatakan bahwa ke saya sering ketemu itu sih," pungkasnya.

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan dirinya melakukan komunikasi dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menurutnya, komunikasi dengan Ahok hanya sesama warga saja dan merupakan hal yang biasa.

"Enggak (ada ajakan). Ngobrol sebagai teman saja, sebagai sama-sama warga. Hal yang biasa kan itu, teman-teman juga komunikasi dengan siapa saja," kata Anies kepada wartawan di Bekasi, Selasa, 30 Juli 2024.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini memastikan tidak pernah membahas soal politik dengan Ahok. Sebab, antara Anies dan Ahok itu hanya berbicara soal urusan pribadi.

"Kita enggak pernah membahas urusan-urusan politik. Kita membahasnya tentang pribadi-pribadi kita aja," ujarnya.