Jokowi Siap Pindah, OIKN Klaim Air di IKN Bisa Diminum Langsung dari Keran

Desain-Memorial-Park-IKN.jpg
(Dok. Kementerian PUPR)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo disebut akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu, 28 Juli 2024 mendatang. Untuk itu, pihak Sekretariat Kepresidenan telah mengirimkan perabotan ke IKN.

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antono menyebutkan bahwa saat ini suplai air bersih telah tersedia. Menurutnya, kualitas air IKN dapat langsung dikonsumsi dari keran.

"Saya ingin memberikan kabar gembira kepada teman-teman semua, bahwa per tiga hari yang lalu, air mulai mengalir ke IKN," kata Raja Juli, dikutip dari ANTARA, Jumat, 26 Juli 2024.

Raja Juli menjelaskan, air tersebut dikelola menggunakan sistem pengelolaan air potable water, sehingga air yang dihasilkan aman untuk langsung dikonsumsi oleh masyarakat.



"Kita bisa minum air langsung dari keran seperti di negara-negara maju di mancanegara," ujarnya.

Raja Juli menambahkan, suplai air di IKN telah dipersiapkan melalui uji tes mengalirkan air minum dari intake Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ke reservoir di IKN yang berjarak 15,8 kilometer.

"Terima kasih kepada Pak Basuki Hadimuljono beserta seluruh jajaran yang begadang tiga malam mengikuti running test. Syukur kepada Tuhan, karena di IKN telah ada air minum, tidak hanya air putih," imbuhnya.