Wujudkan Makan Bergizi Gratis, Prabowo Akan Naikkan Pajak dan Tambah Utang

Prabowo-Gibran10.jpg
((Suara.com/Novian))

RIAU ONLINE - Adik Kandung Prabowo Hashim Djojohadikusumo beberkan rencana pemerintahan Prabowo Subianto dalam mewujudkan ambisi program “Makan Bergizi Gratis”.

Dalam sebuah wawancara dengan media asing Financial Times di London baru-baru ini, Hashim menjelaskan bahwa Indonesia masih dapat mempertahankan peringkat layak investasi meskipun rasio utang terhadap PDB meningkat menjadi 50%.

"Idenya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan menaikkan tingkat utang. Kami tidak ingin menaikkan tingkat utang tanpa menaikkan pendapatan [pajak, cukai, royalti, dari pertambangan dan bea masuk],” kata Hashim, dikutip dari Suara.com, Kamis, 11 Juli 2024.

Hasim juga menjelaskan bahwa Prabowo juga telah membahas rencana ini dengan Bank Dunia. Prabowo juga disebut ingin menaikkan tingkat utang publik, sementara juga berjanji untuk meningkatkan rasio pajak terhadap PDB menjadi 16% dari sekitar 10% saat ini.



"Saya sudah berbicara dengan Bank Dunia dan menurut mereka 50% adalah tindakan yang bijaksana," imbuh Hashim.

Hashim juga menegaskan bahwa Prabowo tidak akan mengeksekusi kebijakan ini tanpa didahului oleh kenaikan penerimaan negara, baik pajak, cukai, PNBP, dividen, royalti dan lainnya.

"Kami tidak ingin menaikkan tingkat utang tanpa meningkatkan pendapatan," pungkasnya.