Wapres dan Grand Syekh Al Azhar Bahas Kerjasama Dukungan untuk Palestina

Wapres-dan-Grand-Syekh-Al-Azhar-Bahas-Kerjasama-Dukungan-untuk-Palestina.jpg
(ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

RIAU ONLINE -  Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menerima kunjungan Grand Syekh Al Azhar Mesir Ahmad Muhammad Ahmad At Tayyeb di Istana Wapres, Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan ini, keduanya sepakat bahwa Pemerintah Indonesia dan Mesir akan memperkuat kerja sama dalam mendukung kemanusiaan dan pembangunan di Palestina.

"Saya yakin Indonesia dan Mesir akan terus solid mendukung Palestina. Perhatian Indonesia pada situasi krisis di Gaza begitu besar," kata Wapres, dikutip dari ANTARA, Rabu, 10 Juli 2024.

Wapres juga menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berkolaborasi dengan Mesir dalam penyaluran bantuan kemanusiaan. Selain itu, Wapres juga menyampaikan adanya potensi kerja sama dalam pengelolaan wakaf dan sedekah dengan Al Azhar, dengan tujuan jangka panjang yang berdampak besar bagi pembangunan nasional.



"Dalam jangka panjang, pengelolaan wakaf dan sedekah dapat berdampak besar bagi pembangunan nasional. Saya berharap Bayt Zakat As Sadaqat Al Azhar dapat bekerja sama dengan Baznas dan Badan Wakaf Indonesia terkait hal ini," ujarnya.

Grand Syekh mengungkapkan bahwa Presiden al-Sisi mengapresiasi peran penting Indonesia dalam membantu rakyat Gaza, terutama setelah perang yang dimulai sejak 7 Oktober 2023.

"Kami bersama Presiden al-Sisi sangat memperhatikan peran penting Indonesia dalam membantu saudara-saudara kita di Gaza, khususnya pasca perang 7 Oktober 2023. Kami berharap Indonesia terus mendukung upaya gencatan senjata di Gaza, membantu pengembalian warga yang terusir, dan meningkatkan bantuan kemanusiaan," kata Grand Syekh.