3 Menteri Jokowi jadi Target PDIP untuk Maju di Pilkada, Siapa Saja?

Hasto-Kristiyanto5.jpg
((Suara.com/Bagaskara))

RIAU ONLINE - PDIP tengah menargetkan tiga kadernya yang merupakan menteri di pemerintahan Presiden Jokowi untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut tiga nama tersebut masuk dalam bursa calon pemimpin provinsi metropolitan. Ia mengatakan PDIP siap mendorong dan memberikan kesempatan sebagai langkah kaderisasi secara sistematik.

"Proses kaderisasi telah dilakukan, sejak awal kita telah meng-gromming kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah," kata Hasto, dikutip dari Suara.com, Selasa, 2 Juli 2024.

Dia menyebut tiga nama menteri itu, yakni Pramono Anung yang kini merupakan Menteri Sekretaris Kabinet, Basuki Hadimuljono yang saat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Abdullah Azwar Anas yang kini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.



Menurutnya, PDIP perlu menyodorkan nama-nama kader internal dalam kontestasi pemilu untuk menjaga eksistensi partai dalam mengarungi konstelasi politik Tanah Air.

Ia menyebut gagasan PDIP soal konsel pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya, bisa berjalan jika kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi kader PDIP.

"Meskipun demikian, kerja sama dengan partai politik lain dilakukan dengan melihat aspek-aspek peta politik yang khas di daerah," kata dia.

Selain tiga nama menteri tersebut, sebut Hasto, ada sosok kader PDIP lainnya yang disiapkan untuk pilkada Jakarta, yakni mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Ketua DPP PDIP yang juga Anggota DPR RI Eriko Sotarduga.

Hasto mengatakan bahwa PDIP tidak kekurangan stok kader yang siap untuk dicalonkan. Di saat yang bersamaan, dia mengatakan PDIP terbuka dengan partai politik manapun untuk melakukan komunikasi soal pilkada 2024.