Pekan Ini Komoditi Perkebunan di Riau Naik, Berikut Rinciannya

Ilustrasi-perkebunan.jpg
(Kompas.com via msn.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berdasarkan data Dinas Perkebunan, beberapa komoditas perkebunan di Provinsi Riau mengalami kenaikan harga pada pekan ini.

Kepala dinas perkebunan Riau, Syahrial Abdi mengatakan untuk harga pinang kering naik Rp 38/kg dan berada pada level Rp4.400 perkilonya.

"Berlaku di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujat Syahrial, Kamis 9 Mei 2024. 

Ia menjelaskan, selanjutnya kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti yang juga naik dan menjadi Rp3.200 perkilo. 


Disusul kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp5.550 per kilo atau naik dari harga minggu lalu.

"Kalau tepung sagu basah masih sama seperti minggu lalu sebesar Rp2.475 perkilo. Ini berlaku di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti yakni tetap dari harga di minggu lalu," jelasnya

Sedangkan, untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota di tingkat petani/KUB Kabupaten Kampar pun ikut naik dan dibanderol Rp12.500/kg.

"Kita dari Dinas Perkebunan Provinsi Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar) sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.