Timwas Haji DPR Sebut Tenda Jemaah Indonesia Mirip Barak Pengungsian

umrah-dan-haji.jpg
(pixabay)

RIAU ONLINE - Kondisi tenda jemaah haji asal Indonesia di Mina disebut mirip barak pengungsian. Kondisi ini disampaikan oleh Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI.

Anggota Timwas Haji DPR Wisnu Wijaya Adiputra mengatakan, Jemaah laki-laki dan perempuan terpaksa harus berbaur di dalam tenda, lantaran tak sesuai kapasitas.

"Kami menyesalkan buruknya pelayanan jemaah di Mina ini. Akibat tenda di bawah kapasitas, terpaksa sebagian jamaah berbaur antara jemaah laki-laki dan perempuan tanpa pembatas," kata Wisnu, dikutip dari Suara.com, Rabu, 19 Juni 2024.

Wisnu juga menambahkan, banyak Jemaah yang terpaksa tidur di luar tenda. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan, terlebih bagi jemaah lanjut usia. Dia meminta Kemenag harus melakukan evaluasi besar-besaran untuk memperbaiki persoalan itu.


Wisnu juga menambahkan, kondisi ini tidak hanya menimpa jemaah haji reguler, tapi juga jemaah haji plus. 

Bahkan lebih parah di Maktab 111 tempat jemaah haji plus bermukim, tenda berkapasitas 80 orang terpaksa ditempati 1.200 orang.

Timwas Haji DPR juga mendapati adanya jemaah yang diusir dari tenda, akibat penempatan tenda jemaah haji Indonesia yang tidak sesuai dengan maktab yang telah ditentukan. Mereka terpaksa meninggalkan tenda karena hak-haknya tidak bisa terpenuhi karena salah tempat.

"Semestinya tidak akan terjadi kalau Kemenag bisa mengantisipasi sejak awal," imbuhnya.