Megawati Goda Puan Maharani Gantian Pimpin PDIP, Siapkah?

Megawati-dan-Puan2.jpg
(Liputan6.com/Andrian M Tunay)

RIAU ONLINE - Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri menggoda Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk bergantian melanjutkan kepemimpinan partainya.

Saat itu ia berguyon saat menyapa putrinya itu yang juga Ketua DPR. Ia meminta agar Puan bertukar posisi dengannya. Awalnya, Megawati bercerita soal Puan yang kerap bertugas ke luar negeri.

"Terus kalau di kita ada Mbak Puan. Mbak Puan saya bilang padanya sebagai Ketua DPR wah pergi ke luar negeri terus, tapi itu kerja loh bukannya jadi turis," kata Megawati dalam pembukaan Rakernas PDIP, dikutip dari kumparan, Minggu, 26 Mei 2024.

Megawati pun menggoda. Entah kode atau bukan, ia menawarkan Puan untuk bertukar jabatan.


"Jadi saya kalau beliau pamit kemaren ikut di Bali, lalu kapan ke Meksiko, jadi terus saya bilang gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum, haha," ucap Megawati.

Merespon permintaan sang ibu, Puan meminta meminta doa untuk kansnya menjadi Ketum PDIP selanjutnya.

"Berdoa aja, Insyaallah," kata Puan singkat di arena Rakernas PDIP, Ancol.

Megawati telah memimpin PDIP sebagai ketua umum sejak 1993. Dia memimpin setelah partai itu masih bernama PDI. PDI merupakan satu dari tiga partai politik yang aktif selama masa pemerintahan Presiden Soeharto bersama PPP dan Golkar.