Jokowi "Bayangi" Kampanye Ganjar, Benarkah?

Jokowi-dan-ganjar2.jpg
(Via suara.com/istimewa)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo dinilai 'membayangi' kampanye capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Orang nomor satu di Indonesia itu selalu mendatangi lokasi kampanye Ganjar.

Pada 17 Januari lalu, Ganjar bahkan memprediksi, bahwa bakal ada yang berkunkung ke lokasi kampanyenya.

"Kita lihat saja, apakah selama saya kunjungan di Jateng ini nanti akan ada yang ikut berkunjung di sini. Kita lihat beberapa hari lagi," kata Ganjar di Kendal, dikutip dari kumparan, Rabu 24 Januari 2024.

Ganjar memang tak menyebut sosok yang akan ke Jateng. Namun diduga kuat bahwa Ganjar merujuk pada lawan politik dan para pendukungnya.

Entah kebetulan atau tidak, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Jateng, Senin 22 Januari kemarin.

Tudingan itu pun dibantah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Ia menyebut agenda kunjungan kerja Jokowi ke daerah tak berkaitan dengan pemilu.



"Enggaklah. Tidak ada hubungannya dengan itu," pungkasnya.

Di Jateng, Jokowi dijadwalkan menyerakan sejumlah bantuan, seperti pangan. Kemudian, meninjau dan meresmikan infrastruktur, menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, hingga menghadiri apel santri dan pelajar.

Benarkah, Jokowi 'bayangi' kampanye Ganjar?

Menurut catatan yang dilansir dari kumparan, jaringan RIAU ONLINE, Jokowi memang mendatangi sejumlah lokasi yang didatangi Ganjar.

Terlihat sejak 20 November 2023, saat Ganjar berkunjung ke tanah Papua. Kala itu, Jokowi juga turut ke sana pada 22 November 2023.

Selain itu, Ganjar juga pernah ke Kupang, NTT, pada 1 Desember 2023. Jokowi pun ke NTT pada 4-6 Desember 2023. Ia bahkan ke 3 tempat sekaligus, yaitu Manggarai Barat, Nagekeo, dan Kupang. Salah satu agendanya adalah meresmikan rumah sakit terbesar di Kupang.

Pada saat Ganjar ke IKN pada 7 Desember 2023, Jokowi juga terlihat mengunjungi IKN pada 20-21 November 2023. Agendanya adalah melaksanakan groundbreaking dan meninjau progres pembangunan infrastruktur di IKN.

Saat Ganjar berkampanye ke Surabaya pada 3 Januari 2024, Jokowi juga ke Surabaya pada 15 Januari 2024. Agendanya adalah Temu Tahunan Forum Rektor 2024 di Universitas Negeri Surabaya.