Jembatan Penghubung di Inhil dan Kuansing Ambruk Diterjang Banjir

Jembatan-ambruk-dihantam-banjir.jpg
(ANTARA/HO-Humas BPBD Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jembatan penghubung di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kuantan Singingi (Kuansing) ambruk diterjang banjir yang mengguyur dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edi Afrizal, mengatakan banjir telah merusak sejumlah fasilitas umum, termasuk jembatan.

"Banjir muncul akibat hujan deras yang terus mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Riau dan telah merendam ribuan rumah warga, sejumlah fasilitas umum rusak termasuk jembatan," kata Edi, Sabtu, 6 Januari 2024, malam.

Edi menuturkan jembatan ambruk tersebut berada di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil. Petugas pun dikerahkan untuk melakukan patroli dan memantau di sekitar wilayah banjir.

Menurut informasi dari warga, Edi menyebut kenaikan debit air mencapai lebih dari 15 cm dari hari sebelumnya. Akibatnya, akses jalan warga antar satu desa dengan lainnya dalam satu kecamatan yang terhubung jembatan tersebut putus.


"Selain di Kabupaten Indragiri Hilir, kami juga menemukan jembatan ambruk akibat debit air Sungai Batang Kuantan dan Sungai Betung di Desa Pebaun Hilir-Desa Logas Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi Tinggi," katanya.

Putusnya jembatan penghubung antardesa tersebut juga memutus akses jalan. Sementara, 76 kepala keluarga terisolasi akibat akses yang terputus.

Untuk sementara, dua jembatan tersebut masih belum bisa dilalui karena belum diperbaiki.

Satgas BPBD Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir bersama TNI, Polri dan masyarakat setempat melakukan pemantauan dan pengecekan serta pengambilan data.

Sementara itu, BPBD Riau mencatat bencana banjir terus meluas di sembilan dari 12 kabupaten dan kota di Riau yang telah menetapkan status siaga banjir. Pemerintah Kabupaten Kampar menetapkan daerah mereka masuk pada level tanggap darurat banjir.

"Bencana banjir di Riau tercatat sudah menelan korban jiwa, dua warga Riau meninggal dunia akibat banjir asal Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hilir. Bencana banjir yang terus meluas juga menyebabkan ribuan unit rumah dan fasilitas umum seperti jalan, masjid dan sekolah ikut terendam banjir," katanya.(ANTARA)