Musim Hujan, Kotak Suara Pemilu di Gudang KPU Siak Ditutupi Terpal

Kotak-Suara-di-gudang-kpu-siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Kotak suara Pemilu 2024 di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak, Gedung Sport Hall Siak, ditutupi terpal dan diberi alas kayu palet untuk mengantisipasi kerusakan akibat hujan.

"Iya, kita beri alas kayu palet dan ditutup terpal, untuk antisipasi tembus air saat hujan deras, sejauh ini kalau hujan biasa nggak masuk. Sebab ada beberapa titik atap yang bocor, namun tidak berbahaya, sudah kita sediakan ember biar nggak jatuh ke lantai," kata Sekretaris KPU Siak Okta Viyanus, Minggu 7 Januari 2024.

Okta menyebut KPU menggunakan Gedung Sport Hall untuk menyimpan logistik Pemilu 2024 sejak 2 Januari hingga 20 Februari 2024.

"Dari tanggal 2 Januari peralatan yang ada di gudang KPU sebelumnya, kita pindah ke Gedung Sport Hall. Kita persiapkan semua di sini, seperti merakit kotak suara, melipat kertas suara dan lainnya. Seluruh perlengkapan yang akan digunakan untuk pemilihan umum 14 Februari mendatang kita persiapkan di sini," kata Okta Viyanus. 



Sebelumnya, KPU Siak akan menggunakan Gedung Daerah, namun ditemukan beberapa titik atap yang bocor di gedung tersebut. Sehingga berpotensi merusak logistik Pemilu 2024 mengingat saat ini hujan masih kerap mengguyur.

Logistik Pemilu 2024 akhirnya dipindahkan ke Gedung Sport Hall Siak atas rekomendasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak.

"Terima Kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Siak selalu men-support, menyediakan kebutuhan KPU yang melibatkan Pemda. Semua terakomodir, sejauh ini belum ada yang kurang," ungkap Okta Viyanus. 

Selain itu, sejumlah petugas, yakni 3 orang dari KPU Siak, 4 personel polisi, 4 sekuriti, dan sekuriti Gedung Sport Hall, disiagakan untuk menjaga gudang KPU selama proses persiapan logistik Pemilu 2024.