Pengendara Harus Bayar hingga Rp 1 Juta untuk Angkut Mobil Lewati Banjir di Pelalawan

Banjir-pelalawan2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Sejumlah pengendara minibus dan sepeda motor tarif jasa kendaraan besar untuk melintasi banjir di Jalur Lintas Timur (Jalintim) di Pangkalan Kerinci KM 76 83, Kabupaten Pelalawan, yang meningkat tajam.

Kendaraan minibus yang awalnya hanya membayar Rp 600 ribu dan sepeda motor Rp 100 ribu untuk untuk menggunakan jasa ini. Namun kini, tarifnya naik menjadi Rp 1 juta untuk minibus dan Rp 250 untuk motor.

Seorang pengemudi minibus, Risha yang berangkat dari Riau menuju Jambi mengatakan sewa angkutan mobil besar untuk melintasi banjir Rp 1 juta.

"Saya bersama keluarga hendak ke Jambi lewat Jalur Lintas Timur, namun karena banjir kami menggunakan jasa mobil besar untuk melintasinya. Parahnya jasa sewa untuk satu mobil Rp 1 juta dan motor Rp 250 ribu," keluh Risha, Sabtu, 6 Januari 2024 malam.

Hal sama juga diungkapkan pengendara motor, Rizal. Ia mengaku harus merogoh kantong Rp 250 ribu untuk bisa melewati banjir di sepanjang Jalur Lintas Timur KM 76-83.


"Ya bagaimana mana lagi, dari pada tidak bisa lewat harus bayar Rp 250 ribu," kata Rizal.

Kedua pengendara tersebut berharap pemerintah dapat memberikan solusi untuk mengatasi jalan yang hingga kini tak bisa diakses karena tergenang banjir tersebut.

"Ya, semoga ada solusi dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini. Karena biaya yang diminta cukup besar," pungkasnya Risha.

Sebelumnya, ratusan kendaraan terjebak macet panjang hingga 11 km di Jalur Lintas Timur KM 76 - 83 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kendaraan minibus seperti, Ayla, Agya, Brio dan Avanza dilarang melintas dan hanya kendaraan roda 6 diperbolehkan melintas jalan yang dihadang banjir tersebut.

"Kepada seluruh masyarakat dan pengendara yang hendak melintasi Jalan Lintas Timur dari Kabupaten Indragiri Hulu maupun dari Kota Pekanbaru agar menggunakan jalur lintas tengah arah Kabupaten Kuansing," imbau Ditlantas Polda Riau, Sabtu, 6 Januari 2023.

"Perlu diketahui bahwa, kondisi jalan Lintas Timur tepatnya di KM 80 saat ini hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda enam ke atas karena debit air masih cukup tinggi," pungkasnya.