Gercep, Cak Imin Intip Peluang Ajak PSI Gabung Koalisi Perubahan

Cak-Imin.jpg
((ist/ dok Cak Imin))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Cawapres Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar mengintip peluang mengajak Partai Solidaritas Indonesia (PSI) gabung ke Koalisi Perubahan, menyusul Kaesang Pangarep yang didapuk menjadi ketua umum.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan ada tidaknya potensi mengajak gabung PSI tersebut masih harus dilihat ke depannya. Apalagi kekinian, Cak Imin mendengar kabar bahwa PSI sudah mendukung Prabowo Subianto.

"Saya belum tahu, nanti kita lihat. Karena kita dengar sudah bergabung dengan Pak Prabowo," kata Cak Imin dikutip Suara.com dari keterangan video, Selasa (26/9/2023).

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa kesempatan, perwakilan elite PSI kerap hadir dalam acara-acara yang menghadirkan pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju. Kehadiran PSI, misalnya terlihat dalam agenda di kediaman Prabowo di Hambalang hingga Rapimnas Partai Demokrat beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Cak Imin turut berbahagia dengan masuknya Kaesang ke dunia politik tanah air. Menurutnya, kehadiran Kaesang itu akan memberikan warna baru sehingga membuat politik nasional semakin ramai.

"Dinamis tentu saja," ujar Cak Imin.

Cak Imin sekaligus memberikan doa dan ucapan kepada putra bungsu Presiden Jokowi itu atas jabatan baru selaku Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Dan ya kita berdoa, welcome to the jungle, moga-moga kehadiran Mas Kaesang di dunia politik ini membawa warna yang tentu demokratis, memberikan suasana yang semakin segar karena saya kenal Mas Kaesang orangnya humoris, juga komunikatif," tuturnya.


Cak Imin berbicara demikian lantaran dirinya merasa cukup dekat dengan Kaesang. Bahkan Wakil Ketua DPR RI ini cukup intens berbincang dengan Kaesang. Ia lantas mengucapkan selamat kembali atas ditunjuknya Kaesang sebagai Ketum PSI.

"Selamat berjuang di dunia politik, tentu ini menjadi kekuatan patut dipertimbangkan untuk kita semuanya menyambut dengan serius," kata Cak Imin.

Partai-partai Kudu Waspada

Cak Imin meyakini masuknya putra bungsu Presiden Jokowi ke dunia politik, terlebih dengan jabatan ketua umum partai, tentu akan ikut mempengaruhi dinamika politik terkini.

"Ini akan merubah konstalasi tentu saja," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, langkah PSI menunjuk Kaesang sebagai ketum merupakan pilihan yang berani.

Terhadap Kaesang, Cak Imin memiliki penilaian tersendiri. Sepanjang mengenal putra Jokowi ini, Cak Imin mengatakan Kaesang merupakan figur yang berani dalam mengambil langkah.

"Ini tentu menjadi kewaspadaan kita semua, partai-partai ini, di mana di belakang Mas Kaesang adalah pak presiden," ujar Cak Imin.

Sebelumnya putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum baru Partai Solidaritas Indoneska (PSI). Kaesang menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Giring Ganesha.

Pengumuman Kaesang sebagai Ketua Umum PSI digelar di acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI. Saat diumumkan, 38 Ketua DPW PSI naik ke atas panggung dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

"Mari kita sambut Ketua Umum baru kita, Bro Kaesang Pangarep," Grace di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Sontak pengumuman itu disambut riuh oleh ratusan kader PSI yang hadir di lokasi. Para kader PSI meneriakkan nama Kaesang.

"Hidup Kaesang!," teriak kader PSI kompak.

"Bro Kaesang, Bro Kaesang, Bro Kaesang," timpal kader PSI lainnya dikutip dari suara.com