Google Bagi-bagi Duit Rp 15 M untuk Startup Wanita, Mau? Begini Caranya

Kantor-Google.jpg
(Via Wikipedia)

RIAU ONLINE - Google memberikan dukungannya untuk para startup wanita di Asia-Pasifik. Perusahaan ini bahkan menggelontorkan dana mencapai Rp 15 miliar sebagai bentuk dukungannya.

Dana yang disebut sebagai Google for Startupas Women Founders Fund. Dana sebesar US$100 ribu ini akan diberikan dalam wujud modal bebas ekuitas untuk 6 startup yang mana pendirinya ada wanita.

"Untuk membantu menyamakan kedudukan bagi para pendiri startup wanita, yang akan terus membangun produk AI yang lebih adil untuk dunia, Google for Startups meluncurkan dana baru untuk startup AI yang didirikan wanita di Asia Pasifik," tulis Google di laman resminya, dikutip dari Suara.com, Minggu, 6 Agustus 2023.

Pihak Google akan lebih fokus pada startup, terutapa di bidang AI atau kecerdasan buatan. Sebelum menyebar ke seluruh pasar Asia-Pasifik, Google akan terlebih dulu melakukan pendanaan pada para start up di wilayah Jepang, India, dan Korsel (Korea Selatan).


Negara-negara tersebut dipilih oleh Google karena Google melihat bisnis AI ini semakin banyak didirikan wanita lewat program yang diselenggarakan Google for Startup Campuses di Korea Selatan maupun Jepang.

Selain itu, program ini juga dikembangkan oleh Startup School di India, yakni sebuah program untuk membimbing 14.000 lebih calon wirausahawan pada tahun 2022.

Sejak didirikan pada 2020 program Google for Startups Founders Funds ini telah menerima 400 startup lebih dan telah mengumpulkan US$400 juta lebih dalam wujud modal ventura lanjutan.

Adapun cara mendapat uang dari Google Rp 15 miliar yakni dengan mengajukan permohonan Women Founders Fund.

Namun, pendanaan Google 15 M ini hanya diberikan kepada para start up yang pendirinya adalah wanita. Untuk jadwal permohonan pengajuan pendanaan Google akan dimulai pada tanggal 15 Agustus 2023.