Tim 8 Berharap Ramalan Denny Soal Anies Baswedan Tidak Terjadi

Anies-Baswedan33.jpg
(Via suara.com/istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Eks Wamenkumham, Denny Indrayana kembali melontarkan pernyataan keras. Denny menyebut adanya skenario mengadang bakal calon presiden (capres) yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan membuat Tim 8 koalisi tersebut ketar-ketir.

Sebab dalam pernyataan yang disampaikan Denny pada Rabu (21/6/2023), diungkapkan jika skenario penersangkaan terhadap Anies sudah banyak beredar.

"Kabar itu sudah menjadi informasi yang beredar di banyak kesempatan. Bukan hanya saya, banyak yang sudah menyatakannya. Feri Amsari, Zainal Arifin Mochtar, misalnya, dalam beberapa podcast sudah menyatakan, pentersangkaan adalah salah satu skenario pamungkas Istana untuk menjegal Anies Baswedan menjadi kontestan dalam Pilpres 2024," kata Denny dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Tak hanya itu, ia juga mengatakan ada seorang anggota DPR yang menyebut Anies akan segera dijadikan tersangka.

"Setelah KPK 19 kali ekspose, ini pemecah rekor, seorang anggota DPR menyampaikan, Anies segera ditersangkakan. Semua komisioner sudah sepakat. Makin terbaca, kenapa masa jabatan para pimpinan KPK diperpanjang MK satu tahun. Untuk menyelesaikan tugas memukul lawan-oposisi, dan merangkul kawan-koalisi, sesuai pesanan kuasa ," ujarnya.



Merespons pernyataan Denny, Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan menilai hal tersebut sebagai peringatan keras. Bahkan, anggota Tim 8 Sudirman Said berharap agar yang disampaikan mantan Wamenkumham tersebut tidak menjadi kenyataan.

"Prof Denny itu hampir seluruh yang dikatakan itu menjadi kebenaran ya, ya dia seorang intelektual, seorang akademisi lah tidak mungkin ngarang-ngarang dan kita memberi apresiasi karena yang disampaikan Prof Denny semacam early warning, jangan sampai itu terjadi gitu," tutur Sudirman di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Sudirman menegaskan, pihaknya menghormati proses hukum yang sedang berjalan terhadap seseorang yang memikiki masalah hukum.

Namun, ia menegaskan, jika permasalahan hukum itu dibuat-buat secara politis, tentu pihaknya akan melawan.

"Tetapi kalau itu bagian dari langkah politik penjegalan orang atas hak politiknya itu harus dilawan. Dan cara melawan dengan opini publik karena ini ranahnya publik bukan pribadi," ujar Sudirman.

Lebih jauh, mantan Menteri ESDM itu mengapresiasi pernyataan Denny.

Bahkan, ia menilai pernyataan Denny sebagai pengingat dan berharap potensi Anies ditersangkakan tidak terjadi dikutip dari suara.com