Batal Diperiksa KPK Hari Ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo ke India

Mentan-Syahrul-Yasin-Limpo.jpg
(Foto: Kementan RI via kumparan)

RIAU ONLINE - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo batal memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Jumat, 16 Juni 2023. KPK seharusnya melakukan permintaan keterangan terhadap Limpo terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, mengatakan Limpo telah melayangkan pemberitahuan bahwa politikus NasDem itu tengah berada di luar negeri.

"Iya yang bersangkutan memberi tahu KPK bahwa yang bersangkutan terjadwal kegiatan ke India," ujar Ghufron saat dikonfirmasi, dikutip dari kumparan.

Limpo, kata Ghufron, meminta KPK untuk menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadapnya pada Selasa, 27 Juni 2023 mendatang.


"Meminta agar pemeriksaan ditunda ke tanggal 27 Juni 2023," terang dia.

Sedianya, Limpo dijadwalkan menjalani klarifikasi terkait dugaan korupsi pada hari ini pukul 09.30 WIB di Gedung Merah Putih KPK.

Sementara, KPK belum menjelaskan perkara ini lebih jauh karena masih dalam proses penyelidikan. Dilansir dari kumparan, kasus di Kementan ini diduga terkait penerimaan gratifikasi, SPJ fiktif, hingga pemerasan di lingkungan Kementan.

Belum diketahui periode terjadinya korupsi tersebut. Saat ini, Mentan dijabat politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Terkait penyelidikan yang sedang dilakukan KPK, Syahrul Yasin Limpo, enggan berkomentar soal itu.

"Oh saya enggak ngerti itu," kata politikus Partai NasDem menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu, 14 Juni 2023.