Profil Sugeng Parwoto, Kader NasDem yang Dilaporkan atas Tuduhan Pelecehan

Sugeng-Suparwoto2.jpg
(Suara.com/Novian])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Anggota DPR Fraksi NasDem Sugeng Suparwoto dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR atas tuduhan pelecehan seksual.

Sosok yang melaporkan Sugeng tak lain adalah sesama anggota DPR RI berinisial AAFS yang menjabat selama periode 2014-2019. AAFS juga telah melaporkan Sugeng ke Bareskrim Polri.

Terkait tudingan pelecehan seksual verbal tersebut, Sugeng mengaku mengirimkan pesan dengan maksud bercanda.

"Satu tahun lebih yang lalu. Kalau tidak salah kurang lebih di bulan Maret tahun 2022, dan waktu itu dalam suasana bercanda-candaan. Kenapa demikian? Karena si pelapor ini adalah sudah kayak adik saya, orang ini sesama NasDem," tutur Sugeng di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Profil Sugeng Suparwoto: Politisi kelahiran Purworejo

Sugeng Suparwoto lahir pada 11 April 1962 di Purworejo, Jawa Tengah.

Dilansir oleh beberapa sumber, ia kini berstatus sudah menikah dan dikaruinai dengan 4 orang anak.

Rekam jejak pendidikan: Aktif berorganisasi di masa kuliah


Sugeng sebelum terjun berkarier terlebih dahulu menuntut ilmu di Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta dan memperoleh ijazah S1 di perguruan tinggi tersebut.

Sugeng kala menyandang status mahasiswa sudah aktif berorganisasi dan menjadi bekal dirinya berpolitik. Ia merupakan eks Ketua Senat Mahasiswa IKIP/UNJ (1986–1988).

Sugeng juga mengantongi beberapa pengalaman organisasi yakni sebagai Pendiri dan Direktur Lembaga Studi Pendidikan dan Kemanusiaan (1988–1990) dan Ketua Presidium Badan Koordinasi Mahasiswa Jakarta (1988–1990).

Banyak berkiprah di partai

Sugeng terjun ke politik dan bergabung dengan Partai NasDem. Selama ia berkarier, ia banyak berkiprah dan menjadi pendiri dan Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem (2011–2013).

Sugeng juga dipercayai untuk menjabat Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai NasDem (2013–2015) dan kemudian Pendiri dan Ketua Dewan Pengawas Yayasan Rawamangun Mendidik (2017–2019).

Berkat prestasinya, Sugeng juga dipercayai Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa III/Jawa Tengah DPP Partai NasDem (2019–2024).

Sugeng akhirnya menikmati masa emasnya di perjalanan kariernya saat berhasil mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah VIII, yang meliputi Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

Ia memenangkan Pemilihan Legislatif 2019 silam dan duduk di Komisi VII dan dipercaya sebagai Ketua.

Kehidupan di luar politik

Sugeng tak mulu berkarier di politik, sebab ia dahulu merupakan seorang wartawan.

Ia pernah berkarier Wartawan Lintas Bidang Pemberitaan (Ekonomi, Politik, Hukum, Hankam dan Internasional) Media Indonesia (1990–1996). Sugeng juga pernah mengantongi pengalaman menjadi Eksekutif Editor MetroTV (2003–2011) dikutip dari suara.com