Pesan WhatsApp Penting Kamu Terhapus? Begini Cara Pulihkannya

WA2.jpg
(istimewa)

Laporan: Syahrani Harlina Arman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas komunikasi secara daring. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, berbagi foto, video, dan dokumen, melakukan panggilan suara, serta video call, baik secara individual maupun dalam bentuk grup.

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk berbagi status, lokasi, dan kontak. Seseorang dapat membagikan informasi hingga dokumen penting melalui WhatsApp, seperti alamat, nomor telepon, hingga file gambar. 

Namun, pengguna seringkali kesulitan saat pesan penting yang dikirim melalui WhatsApp terhapus dengan sengaja atau tidak. Tidak usah panik, ada beberapa cara untuk melihat chat WhatsApp yang sudah terhapus. 

Berikut ini cara melihat chat WhatsApp yang terhapus untuk pengguna Android atau iPhone.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga



Terdapat aplikasi seperti WhatsRemoved+ yang memungkinkan kamu, melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim. Aplikasi ini dapat memperbesar dan memulihkan percakapan yang telah dihapus. 

2. Memeriksa Riwayat Chat

Kamu juga dapat memeriksa riwayat chat di WhatsApp dengan cara menggulir (scroll) ke atas dan ke bawah percakapan untuk memastikan chat tersebut pernah di-reply (dibalas) atau tidak. Jika percakapan tersebut telah dibalas, teks akan tetap terlihat meski sudah dihapus oleh pengirim.

3. Menginstal Ulang Aplikasi WhatsApp

Satu di antara cara lainnya, kamu juga bisa menghapus dan menginstal kembali aplikasi WhatsApp. Sebelum menghapus aplikasi, pastikan kamu telah melakukan backup data atau mencadangkan pesan WhatsApp beserta media di Google Drive atau iCloud. Setelah menginstal ulang aplikasi, kamu dapat memulihkan pesan yang telah dihapus. 

4. Melihat Melalui Google Drive

Selanjutnya, kamu dapat melihat chat yang sudah dihapus dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia dalam fitur backup tersebut.

Dengan menggunakan satu di antara cara di atas, kamu dapat melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus dengan mudah dan tanpa kesulitan.