Festival Siak Bermadah Tampilkan Kekayaan Seni Melayu hingga Bazar UMKM

Festival-Siak-Bermadah.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak menggelar Festival Siak Bermadah (FSB) 2024. Event ini berlangsung meriah di Lapangan Siak Bermadah, Kota Siak Sri Indrapura, Riau, yang dimulai sejak 9 hingga 12 Oktober 2024. 

FSB 2024 digelar sebagai representasi kebudayaan masyarakat Siak yang dulunya merupakan pusat Kerajaan-kerajaan Melayu di pesisir Sumatera. Festival ini terasa lebih istimewa karena bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Perak Kabupaten Siak yang ke-25.

Festival ini menampilkan pertunjukan seni tradisional, seperti tarian, musik, sastra, penampilan artis nasional dan Malaysia seperti Baby Shima dan Charlie Van Houten, serta berbagai kegiatan budaya lainnya yang dihadiri oleh ribuan masyarakat dan tamu undangan.

Dalam rangkaian acara, terdapat kegiatan susur sungai dan heritage tour untuk memperkenalkan keindahan alam dan sejarah Kota Siak kepada para pengunjung.

Selain melestarikan warisan budaya, FSB 2024 juga turut menghadirkan para pelaku UMKM dari berbagai daerah di Kabupaten Siak memamerkan produk-produk unggulan mereka, mulai dari kerajinan tangan, makanan khas, hingga pakaian tradisional.


Festival ini pertama kali diadakan pada 1991 dan telah menjadi agenda tahunan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan wisatawan. Tahun ini, FSB pertama kalinya masuk menjadi salah satu dari 110 Karisma Event Nusantara (KEN), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Tentang Karisma Event Nusantara 2024

Sebagai program strategis untuk mendukung dan mengembangkan events di seluruh Indonesia, Karisma Event Nusantara “KEN“ memiliki visi untuk menjadikan event sebagai atraksi wisata unggulan di Indonesia. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah melalui kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan daerah di dalam menyelenggarakan event yang berkualitas.

Karisma Event Nusantara 2024

Terdiri dari 110 events pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 38 provinsi di Indonesia. Proses penilaian dilakukan berdasarkan pada lima (5) bidang yaitu: (1) adalah aspek ide dan inovasi, (2) pemasaran dan strategi komunikasi, (3) aspek manajemen kegiatan, (4) aspek manajemen keuangan serta (5) aspek analisis dampak. 

Tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Didorong oleh visi untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melakukan berbagai terobosan untuk terus menumbuhkan pariwisata dan industri kreatif di Indonesia. Fokus dari strategi Kemenparekraf dalam pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu mengembangkan sektor pariwisata nasional dan pemasaran dengan berorientasi pada pasar internasional serta memperkuat kemampuan pelaku ekonomi kreatif dalam pengembangan produk ekonomi kreatif sehingga dapat berdaya saing tinggi.