Satgas Preemtif Ops Zebra LK 2024 Kampanyekan Keselamatan Lalu Lintas di Ruang Publik

Operasi-zebra-lk-20241.jpg
(Dok. Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Satgas Preemtif Operasi Zebra Lancang Kuning (LK) 2024 terus mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas, dengan mengedukasi masyarakat dan pengendara di kawasan Taman Kota hingga di bawah Jembatan Siak IV, Kamis, 24 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut difokuskan pada kampanye keselamatan lalu lintas dan sosialisasi keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas dan mengajak untuk menciptakan Pilkada Damai.

Dirlantas Polda Riau, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, menjelaskan bahwa kampanye keselamatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas di kalangan masyarakat, terutama menjelang Pilkada Riau 2024. 

“Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan suasana yang aman dan berkeselamatan,” ungkap Kombes Pol Taufiq.

Menurutnya, kesadaran berlalu lintas yang tinggi dapat membantu meminimalisir pelanggaran dan menekan angka kecelakaan. 

“Kami berharap masyarakat dan pengguna jalan dapat selalu meningkatkan kesadaran dalam berkendara,” lanjutnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol Taufiq juga menyoroti pelanggaran yang sering terjadi di jalan raya, seperti melawan arus, tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI), dan penggunaan handphone saat berkendara. 

“Ayo kita patuhi aturan yang ada dan ikuti arahan petugas di lapangan. Jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” pungkasnya.

Terpisah, Tim Satgas Preemtif yang dipimpin oleh Iptu Riza membagikan brosur dan himbauan kepada pengendara di area taman kota. 

“Kami tidak hanya menyampaikan pesan edukasi tentang tata tertib berlalu lintas, tetapi juga mengingatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan, tidak golput, dan tidak terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya,” jelas Iptu Riza.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB ini berjalan dengan aman dan tertib, mencerminkan komitmen pihak kepolisian dalam menjaga keselamatan lalu lintas serta ketertiban masyarakat. 

“Mari kita bersama-sama tingkatkan suasana kamtibmas yang kondusif dan keselamatan berlalu lintas yang berkesinambungan,” tutup Iptu Riza.

Melalui inisiatif seperti ini, diharapkan kesadaran berlalu lintas di Provinsi Riau dapat meningkat, dan masyarakat dapat menikmati jalan yang lebih aman saat berkendara.