Simulasi Makan Bergizi Gratis di Pekanbaru Ditargetkan hingga 21 Hari

Simulasi-makan-bergizi-gratis-di-pekan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Simulasi makan bergizi gratis di Kota Pekanbaru masih berlangsung. Simulasi ini untuk melihat kesiapan dalam penyajian menu makanan bergizi bagi anak-anak di sekolah.

Penerapan simulasi ini hanya berlangsung di dua sekolah, SDN 99 Pekanbaru dan SDN 139 Pekanbaru. Jumlah murid yang mendapat makan bergizi gratis dalam simulasi ini mencapai 334 orang.

"Simulasi program makan siang bergizi gratis pada tahap awal berlangsung selama satu pekan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Dinas Pendidikan Pekanbaru menargetkan simulasi ini berlangsung selama 21 hari. Ia menilai simulasi ini sekaligus untuk membantu proses pemesanan dan penyajian makanan

"Maka kita targetkan simulasi makan bergizi gratis di Kota Pekanbaru bakal berlangsung sampai 21 hari," bebernya.



Jamal mengatakan, pada simulasi program makan bergizi gratis ini tidak ditanggung APBD Kota Pekanbaru. Simulasi digelar jelang penerapan program makan bergizi gratis pada Januari 2025 mendatang.

Dirinya mengatakan bahwa simulasi kali ini menggandeng Gojek-Tokopedia. Makanan yang tersedia merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

"Persiapan simulasi ini juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, untuk pengkajian gizi agar makan siang ini empat sehat lima sempurna," jelasnya.

Nilai menu makan siang bergizi gratis pada simulasi ini berkisar Rp 15.000 untuk setiap anak. Makan siang ini berisi nasi, ayam goreng, tempe sayur, buah dan juga susu.