Zulfahrianto Terpilih Pimpin Apdesi Riau, Fokus Entaskan Kemiskinan

Pimpinan-dpd-Apdesi-Riau-yang-baru.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Zulfahrianto terpilih memimpin Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Riau periode 2024-2029.

Pria yang lebih dikenal dengan nama Anto Sontang itu, merupakan Kepala Desa (Kades) Sontang, di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Pada Rabu, 16 Oktober 2024, malam, pengurus DPD Apdesi Riau masa bakti 2024-2029 dilantik, di Ballroom Hotel Grand Elite Kota Pekanbaru. Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apdesi H Surta Wijaya.

Proses pelantikan di awali dengan tari persembahan yang dilanjutkan pembacaan Alquran, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Apdesi serta doa. Lalu dibacakan surat keputusan dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Kemudian diputar video pencapaian Desa Sontang, tempat Zulfahrianto memimpin sebagai Kades.

"Terima kasih Ketum yang melantik dan seluruh tamu yang hadir meluangkan waktu. Kami bangga dengan Apdesi," ujar Zulfahrianto, Kamis, 17 Oktober 2024.

Usai pelantikan pengurus DPD Apdesi Riau, Zulfahrianto menyampaikan pesan penting kepada 500 Kades yang hadir dalam acara tersebut. Ia mengatakan, Kades jangan bermental pengemis.

"Jangan menjadi Kades yang bermental pengemis," ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada seluruh kades yang ada Provinsi Riau untuk selalu berbuat baik.

"Selalu berbuat baik, karena banyak manfaatnya. Mati kita majukan masing-masing desa kita," pintanya.


Juprianto selaku Bendahara DPD Apdesi Riau menambahkan, saat ini pihaknya fokus terhadap rumah layak huni dan pengentasan kemiskinan.

"Itu yang sekarang lagi kita fokuskan. Bagaimana masalah ini (rumah layak huni dan pengentasan kemiskinan) segera kita tuntaskan," katanya.

Sementara itu, Ketum DPP Apdesi H Surta Wijaya dalam pidatonya menyampaikan, menjadi Kades niatnya harus ibadah.

"Jadi Kades itu niatnya harus beribadah. Jangan takut untuk tidak terpilih lagi jadi Kades, harus ikhlas," ujarnya.

"Jujur saja, saya 3 periode gak punya mobil. Saya pakai mobil dinas Toyota Avanza," sambungnya.

Lebih lanjut dikatakannya, mengenai dana desa, lebih baik dikonsentrasikan untuk Sumber Daya Manusia (SDM).

"Lebih baik (dana desa) digunakan untuk menyekolahkan anak-anak. Beli komputer agak anak-anak desa bisa bersaing dengan anak kota. Jadi jangan melulu untuk pembangunan infrastruktur desa," lanjutnya.

Disamping itu, dia juga mengingatkan Kades-kades yang hadir dalam acara itu, untuk menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya, bukan untuk berfoya-foya. 

"Saya gak mau dengar lagi ada Kades menggunakan dana desa untuk pergi karaoke," tambahnya.

Di sisi lain, Pj Gubernur Riau Rahman Hadi yang diwakili Kepala Dinas Dukcapil Riau Aswandi, mengucapkan selamat kepada pengurus DPD Apdesi Riau periode 2024-2025. Ia berharap, Apdesi Riau dapat memberikan kontribusi ke desa-desa di Provinsi Riau.

"Dengan harapan bisa memajukan dan memakmurkan desa-desa," harap Aswandi.

Pihaknya juga meminta, agar DPD Apdesi Riau bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten demi keberlangsungan desa-desa.

"Kita berharap di masa yang akan datang, desa-desa di Riau menjadi desa yang makmur dan mandiri," tuturnya.

"Selamat bekerja, mari berbakti demi kepentingan bangsa dan negara," pungkasnya.