SK Kemendagri Belum Diterima, 4 Pimpinan DPRD Riau 2024-2029 Tak Kunjung Dilantik

Gedung-DPRD-Riau5.jpg
(Liputan6.com/M Syukur)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses pelantikan empat pimpinan DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029 berjalan lambat. Hingga saat ini, pelaksanaan agenda tersebut masih tertunda karena Surat Keputusan (SK) Kemendagri belum sampai ke DPRD Riau. 

"Belum ada informasi dari Pemprov Riau," ujar Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) Khuzairi.

Sementara itu, Kabag Ortal Biro Tapem Jalil, mengatakan bahwa nama-nama empat pimpinan DPRD Provinsi Riau memang baru dikirim pada Senin, 14 Oktober 2024.

Menurutnya, nama empat pimpinan DPRD Provinsi Riau yang diumumkan sekitar minggu lalu, sebenarnya sudah disampaikan kepada Kemendagri pada Jumat. Akan tetapi, karena ada revisi berkas, maka pengiriman diulang kembali kemarin.


"Pada hari Jumat lalu, kami sudah mengupload, tetapi ada kekurangan berkas yang menyebabkan penundaan. Berkas baru dikirim pada sore harinya, dan sistem Kemendagri tutup pukul 16.00, sehingga saat itu belum bisa diupload," ujarnya.

Menurutnya, setelah dokumen di upload, maka proses di Kemendagri akan memakan waktu sekitar dua minggu. Pihaknya mengakui keterlambatan ini bisa saja mengganggu pembahasan APBD 2025,  namun APBD juga bisa dibahas oleh pimpinan sementara.