Ular Sanca 3 Meter Mangsa Ayam Warga, Damkar: Waspada saat Musim Hujan

evakuasi-ular-sanca-di-kandang-ayam.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang ular jenis sanca di dalam kandang ayam mengejutkan warga di Jalan Temu Rasa, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Ular sepanjang 3 meter itu sempat memangsa beberapa ekor ayam sebelum ditemukan warga, pemilik kandang ayam.

Tim rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru segera melakukan evakuasi terhadap ular tersebut menggunakan tongkat penjepit. 

Meski sulit karena tingkat agresivitas yang tinggi, dua orang petugas berhasil menarik tubuh ular dari dalam kandang.


Ternyata, ular tersebut berasal dari semak belukar di sekitar rumah warga. Proses evakuasi membutuhkan waktu setengah jam karena ular beberapa kali menyerang petugas. 

“Ular ini berasal dari semak di sekitar rumah, untuk proses evakuasi petugas membutuhkan waktu setengah jam,” ujar Wadanton Rescue Damkar, Rahmad, Minggu, 13 Oktober 2024.

Akhirnya, ular berhasil dimasukkan ke dalam karung dan dibawa ke kandang transit di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru, sebelum akhirnya dilepaskan ke habitatnya.

Dalam situasi seperti ini, Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru mengimbau kepada warga untuk lebih waspada terutama saat musim hujan. 

Mengingat hewan melata sering mencari tempat kering untuk bersarang, langkah pencegahan serta kewaspadaan sangat diperlukan untuk menghindari insiden serupa di masa mendatang.