Polairud Polda Riau Ajak Wujudkan Pilkada Damai Lewat Program Kesehatan Gratis

Polairud-Polda-Riau-Ajak-Wujudkan-Pilkada-Damai-Lewat-Program-Kesehatan-Gratis.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau melaksanakan program unggulan berupa pelayanan kesehatan gratis melalui Kapal Kesehatan Ditpolairud. 

Program yang berlangsung pada Kamis bertempat di wilayah Pesisir Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Kamis, 3 Oktober 2024.

Wadir Polairud Polda Riau, AKBP Andi Yul mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program unggulan Korpolairud Baharkam Polri yang secara penuh memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kapal Kesehatan Ditpolairud bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat pesisir, terutama di daerah yang sulit terjangkau."

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian kami dalam menjaga kesehatan masyarakat, sekaligus upaya cooling system dalam rangka menyambut Pilkada yang damai dan aman," ujar AKBP Andi Yul, Kamis, 3 Oktober 2024.

Program tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memberikan pesan damai menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 serta menjaga situasi tetap kondusif.


Kapal Polisi KP IV-2002 Ditpolairud Polda Riau, yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, menjadi pusat pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat pesisir. 

Dalam kegiatan ini, Ditpolairud Polda Riau bekerja sama dengan Tim Kesehatan dari Bidang Dokkes Polda Riau. 

"Ada sebanyak 45 warga pesisir memanfaatkan layanan ini, dengan keluhan umum seperti demam, batuk, hipertensi, asam urat, kolesterol, hingga maag akut (GERD)."

"Dari jumlah tersebut, 5 pasien di antaranya adalah anak-anak, sementara 40 lainnya adalah orang dewasa, baik pria maupun wanita," tambah mantan Kapolres Meranti itu.

Selama kegiatan berlangsung, suasana tetap aman, tertib, dan lancar. Ditpolairud berharap program ini dapat terus dilanjutkan dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat pesisir yang membutuhkan layanan kesehatan.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat pesisir. Salah seorang warga yang enggan disebut namanya menyampaikan apresiasinya,

"Kami sangat berterima kasih kepada Ditpolairud dan Tim Kesehatan Polda Riau. Layanan kesehatan gratis ini sangat membantu kami yang tinggal jauh dari pusat kota dan fasilitas medis," ujar salah seorang warga, Nani.