Trust Indonesia: Elektabilitas Syamsuar-Mawardi Tertinggi di Pilgubri 2024

Syamsuar-Mawardi-daftar-pilgubri4.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lembaga survei Trust Indonesia mengklaim tingkat elektabilitas Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Mawardi Saleh menempati posisi tertinggi dibandingkan dua Pasangan Calon (Paslon) lainnya.

Hasil survei yang digelar pada 7 hingga 10 September 2024, ini menunjukkan elektabilitas Paslon Syamsuar-Mawardi Saleh mencapai 43,9 persen. Di samping itu, Paslon ini juga memiliki 38,3 persen strong voters dan 5,6 persen swing voters.

Strong voters merupakan kategori para pemilih yang sudah mantap dengan Paslon pilihannya. Strong voters cenderung tidak berubah pikiran terhadap pilihannya hingga hari pencoblosan tiba. 

Sementara itu, swing voters adalah kategori pemilih yang masih bisa merubah pilihannya, tergantung Paslon yang paling meyakinkan hingga hari pencoblosan. Hal ini dikarenakan, para swing voters sangat terbuka akan informasi dan terus menambah wawasannya sebelum benar-benar menentukan pilihan.



Lebih lanjut, Trust Indonesia memprediksi Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto merupakan Paslon di urutan kedua. Elektabilitas Paslon ini mencapai 29,8 persen. Sementara jumlah strong voters mencapai 26,2 persen dan swing voters 3,6 persen.

Kemudian, di posisi ketiga adalah Paslon Nasir-Wardan dengan elektabilitas mencapai 23,8 persen. Angka strong voters mencapai 18,6 persen dan swing voters mencapai 5,2 persen.