Revitalisasi Pasar Bawah Pekanbaru Ditargetkan Tuntas Awal 2025

Revitalisasi-Pasar-Bawah-Pekanbaru-Ditargetkan-Tuntas-Awal-2025.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Revitalisasi Pasar Wisata Pasar Bawah, Kota Pekanbaru masih berlangsung. Pengelola pasar saat ini PT Ali Akbar Sejahtera harus menggesa revitalisasi pasar hingga akhir tahun 2024.

"Kita targetkan bisa tuntas pada akhir tahun ini, InsyaAllah akhir tahun nanti," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Kamis 12 September 2024.

Mereka menargetkan paling lambat pengelola harus menuntaskan revitalisasi pada awal tahun 2025. Ia sangat berharap para pedagang bisa berjualan kembali di sana jelang momen Idul Fitri tahun depan.

Lebih jauh Zulfahmi mengatakan bahwa revitalisasi ini tidak cuma membenahi fasilitas pasar itu. Namun juga membenahi infrastruktur pasar yang sudah berusia puluhan tahun.

"Karena sudah berusia puluhan tahun seluruh tembok di pasar itu diganti," ulasnya.


Struktur pasar dinilai masih kuat hingga saat ini. Ia menyebut belum ada rencana merobohkan pasar itu untuk dibangun kembali. 

"Kita tidak ingin robohkan, tapi revitalisasi saja," paparnya.

Revitalisasi Pasar Bawah Pekanbaru seiring penataan kawasan di sekitarnya. Mereka membenahi akses jalan hingga menyiapkan lokasi parkir yang representatif bagi pengunjung.

"Nanti parkir di kawasan itu paralel, supaya bisa memuat lebih banyak kendaraan," ulasnya.

Ratusan pedagang kini berada di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pelabuhan Pelindo Pekanbaru. Ada 240 pedagang menanti revitalisasi tuntas agar Pasar Bawah Pekanbaru kembali bisa ditempati.