Wujudkan Pilkada Damai, Polda Riau Gelar Lomba Jurnalistik Tema Pilkada

Polda-riau-buka-lomba-jurnalistik.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal membuka lomba jurnalistik dengan tema Mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2024 Damai di Gedung 91 Command Center, Senin, 9 September 2024.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, lomba jurnalistik dilakukan oleh institusi Polri akan menjadi cooling system guna mewujudkan Pilkada Riau 2024 berjalan dengan damai dan aman.

"Kalau tidak kita kelola dengan baik, berita hoax tidak kita klarifikasi akan gawat. Tapi kalau kebenaran selalu diberikan pasti berjalan dengan damai dan aman," ujar Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menjelaskan, di tengah era yang berpusat pada informasi teknologi itu hendaknya membuka persepsi yang positif. Untuk itu, Ia mendorong teman-teman jurnalis untuk tidak hanya memberikan berita kuantitas yang hanya banyak namun juga berita yang berkualitas pula.

"Dari lomba jurnalistik ini kita lihat kemauan, perjuangan kita dalam mewujudkan Pilkada Riau 2024 damai dan dengan Cooling System ini, kita berikan berita kesejukan itu," jelasnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Anom Karbianto menambahkan, lomba jurnalistik inipun merupakan wadah bagi jurnalis dan masyarakat untuk berkarya. Hal itu guna semua pihak bisa bersinergi mewujudkan Pilkada Riau dengan damai.

Kombes Anom mengajak seluruh masyarakat untuk memenuhi ruang media dengan berita-berita yang positif. Tentunya sekaligus meramaikan lomba jurnalistik ini.

"Mari penuhi ruang media dengan berita positif tentang pemahaman Pilkada di wilayah Riau," ajak Kombes Anom.

Lomba jurnalistik bertema Mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2024 Damai dibagi menjadi lomba karya tulis, lomba fotografi, dan lomba lainnya. 



Perlombaan karya jurnalistik dalam rangka Cooling System Pemilu 2024 Damai ini dibuka dengan 3 kategori peserta.

1. Kategori Jurnalis meliputi:

  • Lomba Karya Tulis

  • Lomba Fotografi

  • Lomba Video News

2. Kategori masyarakat umum dan TNI - Polri meliputi: 

  • Lomba Foto

  • Lomba Video Short Movie

3 Kategori pelajar dan mahasiswa meliputi:

  • Lomba desain poster/meme

  • Lomba video reels/tiktok

Pendaftaran telah dimulai dari hari ini, 9 September 2024 hingga 4 Desember 2024. Polda Riau sendiri telah menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah bagi para pemenang. Untuk info lebih lanjut, calon peserta bisa melihat akun @ljp.2024 di Instagram.