Meniru Desain Prabowo-Gibran, Pengamat: Wahid-SF Hariyanto Replikasi Strategi Politik

Baliho-Paslon-Wahid-SF-Hariyanto.jpg
(IPAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Alat Peraga Sosialisasi (APS) Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Abdul Wahid-SF Hariyanto, dalam bentuk baliho dinilai sangat mirip dengan desain baliho pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Kemiripan desain baliho tersebut menuai atensi, karena SF Hariyanto diusung oleh PDIP yang memiliki warna khas merah dan hitam. Deretan partai pengusung Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto, yakni PKB, PDIP dan NasDem juga bukan partai koalisi Paslon Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Pengamat Politik Universitas Lancang Kuning, Alexsander Yandra mengatakan, kemiripan desain baliho Abdul Wahid-SF Hariyanto dengan desain Paslon Prabowo-Gibran merupakan upaya mereplikasi strategi politik.

"Ini adalah bagian dari mereplikasi strategi-strategi politik pada Pilpres 2024 lalu. Karena euforia Pilpres masih ada terkait dengan "Gemoy", dan itu sasarannya adalah Gen Z dan Gen Milenial yang jumlahnya hampir 60 persen (data pemilih). Mungkin segmen Paslon Abdul Wahid-SF Hariyanto ini adalah generasi muda juga (sama seperti Paslon Prabowo-Gibran), mereka juga sudah membentuk "Alih Generasi" yang tujuannya sosialisasi kepada generasi muda," ujarnya.



Alex mengatakan, Paslon Prabowo-Gibran adalah pemenang Pilpres 2024-2029. Sehingga, warna biru muda yang digunakan pada balihonya merupakan bagian dari simbol kekuasaan saat ini. 

"Biru muda itu kan sekarang adalah pemenang Pilpres. Sehingga, di Provinsi Riau, Paslon Pilgubri ini memanfaatkan momen Pilpres itu dengan mengambil simbol warna yang sama," jelasnya.

Terkait nuansa warna APS yang tidak mencirikan partai pengusung, Alex melanjutkan hal ini belum bisa disebut pembangkangan.

"Lebih kepada mengikuti suasana batin politik di Riau. Karena hari ini, suasananya adalah biru," pungkasnya.