Waspada! Distributor Kosmetik Ilegal Masih Banyak di Pekanbaru

Waspada-Distributor-Kosmetik-Ilegal-Masih-Banyak-di-Pekanbaru.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah kosmetik ilegal disita Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Pekanbaru dalam sebuah ruko yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru.

Ketua Tim Penindakan BPOM Riau, Muhammad Rusydi Ridha mengatakan, penindakan ini dilakukan oleh pelaku yang berperan sebagai distributor.

“Tempat ini memang tertutup setiap hari, karena transaksi dilakukan via online. Sejauh ini diketahui mereka menjualnya via Shopee, selebihnya belum diketahui karena belum dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar Rusydi, Selasa, 3 September 2024.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat 2 lokasi yang menjadi gudang kosmetik ilegal tersebut, yaitu lokasi yang berada di Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Suka Karya.



“Ada 2 lokasi yang kami kami lakukan penindakan, yaitu di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Suka Karya, tapi yang di jalan Suka Karya tak sebanyak yang disini,” jelasnya.

Diketahui, barang-barang tersebut didapatkan dari pihak luar, dan saat ini masih ada 2 orang yang diduga sebagai pelaku dalam praktik ini.

“Mereka dapat dari luar juga, bukan produksi sendiri. Saat ini diduga ada 2 pelaku yang melakukan praktik ini, dan ada karyawannya juga, kami belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena sampai saat ini kami masih melakukan penindakan terhadap produknya dulu,” pungkasnya.