Cegah Stunting, Anak di Pekanbaru Harus Dipantau Secara Berkala

Pemberian-imunisasi-di-paud.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pertumbuhan dan perkembangan anak harus dipantau secara berkala guna mendeteksi dini anak yang terindikasi stunting. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun berharap peran semua pihak dalam mencegah stunting bagi anak-anak.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengatakan, Pemko Pekanbaru siap mendukung program pemberian makanan bergizi kepada pelajar di sekolah. Program ini akan segera diuji coba.

"Kami tentu siap mendukung program ini. Apalagi, program ini merupakan upaya pemenuhan gizi anak," ujarnya.

Dia menuturkan, dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk kesuksesan program ini. Program ini diharapkan memberi dampak signifikan dalam pencegahan stunting.

"Selain itu, ada juga program pemberian imunisasi polio. Imunisasi ini bertujuan mencegah anak-anak terkena polio," kata Risnandar.



Sejalan dengan itu, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pekanbaru, Aemi Octawulandari Risnandar, menyerukan kepada seluruh guru penggerak dan guru PAUD untuk aktif mencegah stunting pada anak-anak melalui deteksi dini.

"Kami mengajak semua pihak ikut serta dalam upaya mencegah stunting sejak dini," kata Aemi.

Para tenaga pendidik diharapkan mampu mendeteksi dini anak yang terindikasi stunting. Pertumbuhan dan perkembangan anak harus dipantau secara berkala di satuan PAUD.

Dirinya berterima kasih kepada Pj Wali Kota dan seluruh OPD yang terlibat. Kemudian kepada Pokja Bunda PAUD Kota Pekanbaru, tim teknis OPD, dan organisasi mitra PAUD seperti IGTK, HIMPAUDI, PP PAUD, PKK, dan lainnya. 

"Tak lupa kami sampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada akademisi yang membantu meningkatkan kualitas anak usia dini," ucap Aemi.