Jelang Pilkada dan HUT Ke-79 RI, Pemko Pekanbaru Gelar Apel Tiga Pilar

Apel-tiga-pilar-pemko-pekanbaru2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menyambut momentum Pilkada 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar apel tiga pilar sekaligus apel HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Apel tiga pilar ini merupakan yang pertama dalam kurun lima tahun terakhir.

"Apel tiga pilar ini menyambut persiapan Pilkada. Kegiatan ini juga persiapan HUT ke-67 Riau pada 9 Agustus dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Jumat 2 Agustus 2024.

Dirinya menyampaikan persiapan Pilkada sudah berjalan jauh. Pendaftaran bakal calon dilakukan pada 26 Agustus. Menurutnya, masa pendaftaran ini agak krusial. 

"Karena, sudah ada pergerakan massa. Satu bulan kemudian  penetapan calon kepala daerah yang akan ikut Pilkada. Setelah itu, mulai minggu tenang," jelasnya.

Apel ini bagian dari kesiapan Pemko Pekanbaru dan Forkopimda untuk membantu penyelenggara dari sisi keamanan dan stabilitas politik.



Ia menegaskan, penyelenggara Pilkada bersifat independen, tetapi tidak bisa bekerja sendiri. 

"Kami hadir untuk membantu. Tapi, kami tak bisa ikut campur dalam pelaksanaan Pilkada," paparnya.

Apel tiga pilar ini juga dalam rangka persiapan antisipasi kebakaran lahan. Antisipasi kebakaran lahan menjadi skala prioritas pemerintah kota, terlebih Pj Gubernur Riau sudah menetapkan status siaga darurat karhutla pada 13 Maret.

"Apabila terjadi kebakaran, unsur kelompok individu ini yang akan kami tindak. Kami tindak secara keras tapi tidak kasar, sesuai aturan," ujarnya.

Karena begitu terjadi karhutla, salah satunya akan berdampak pada ekonomi, seperti pada aktivitas penerbangan.

Peserta apel tiga pilar melibatkan 1.637 personel dari berbagai instansi. Peserta berasal dari unsur Forkopimda, pejabat pemko, camat, lurah, tim BPBD, tim Satpol PP, Damkar, Masyarakat Peduli Api, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polisi RW.