RS Bhayangkara Presisi Berskala Internasional Resmi Dibangun di Pekanbaru

Peresmian-pembangunan-rs-bhayangkara.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri, Irjen Pol Polisi Asep Hendradiana dan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal meresmikan pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Presisi Berskala Internasional.

Pembangunan RS Bhayangkara Presisi ini dibangun di atas tanah Polda Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, yang dulunya adalah RS Center Vaksinasi Covid-19,.

Selain itu, Kapusdokkes Polri dan Kapolda Irjen Iqbal juga meresmikan pembangunan Gedung BPKB serta peresmian 91 Media Center dan 91 Command Center Polda Riau.

Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan RS Bhayangkara Presisi ini akan dibuat menjadi RS Bhayangkara berskala internasional dengan SDM dan fasilitas rumah sakit yang lengkap.

"RS Bhayangkara Presisi ini akan kita jadikan RS Bhayangkara berskala internasional, kapan perlu kita kalahkan RS Mount Elizabeth yang ada di Singapura," ujar Irjen Iqbal, Kamis, 1 Agustus 2024.

Dengan kedatangan Kapusdokkes Polri, jenderal bintang dua itu berharap Mabes Polri mengirim SDM dan peralatan canggih untuk ditempatkan di RS Bhayangkara Presisi.

Irjen Iqbal juga berharap pihak rumah sakit lainnya tidak merasa tersaingi dengan berdirinya RS Bhayangkara Presisi ini.



"Pihak RS lain jangan merasa tersaingi. Ini semua untuk masyarakat Riau. Kita besarkan Provinsi Riau ini sehingga tidak ke negara tetangga," tegas Iqbal.

Akpol 1991 itu juga berterimakasih kepada Kapusdokkes Polri yang menyempatkan hadir ikut meresmikan pembangunan RS.

"Terima kasih kepada Kapusdokkes dan rombongan. Ini vitamin bagi kami untuk melanjutkan kerja kerja kami," pungkasnya.

Terpisah, Kapusdokkes Polri, Irjen Pol Asep Hendradiana mengatakan fasilitas, SDM serta pelayanannya akan dikembangkan juga, sehingga bisa naik ke tipe B dan menjadi rujukan bagi yang lainnya.

Selain menyediakan pelayanan kesehatan, dikatakannya, RS Bhayangkara Presisi turut ambil andil dalam mendukung kinerja kepolisian.

"Tentu juga mendukung ditegakkannya scientific crime investigation (SCI) melalui keberadaan Dokkes di RS Polda Riau," ujar Irjen Asep.

Terkait adanya motif atau konstruktif bangunan memiliki Tanjak, Irjen Asep sangat mengapresiasi hal itu karena memiliki ciri khas dan ikon tersendiri.

"Adanya hal itu (tanjak-red) bagus, itu tanda icon atau ciri khas Riau. Masing-masing daerah atau wilayah memiliki ciri khas," katanya.

"Konstruksi bangunan RS Bhayangkara Presisi ini bagus semoga menjadi contoh bagi daerah lain," tutup jenderal bintang dua itu.