Jadwal Coklit Selesai, Warga Belum Terdata Diminta Lapor RT/RW

Pilkada2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau telah menyelesaikan jadwal pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Namun, sejumlah warga mengaku belum mendapatkan kunjungan dari petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Menanggapi hal ini, Anggota Komisioner KPU Provinsi Riau, Nugroho Susanto mengatakan, warga yang merasa belum terdata oleh petugas KPU, dapat melaporkan kepada RT/RW setempat. Apabila mengenal petugas Pantarlih, warga juga bisa menghubungi petugas secara langsung. 

"Meskipun jadwal Coklit sudah selesai pada tanggal 24 Juli lalu, mungkin ada beberapa warga yang belum terdata. Oleh karena itu, jika merasa belum mendapatkan kunjungan Pantarlih dan sudah memenuhi syarat memilih, kami mengimbau agar melapor kepada RT/RW setempat," ujarnya.

Menurutnya, petugas Pantarlih merupakan petugas coklit yang mendatangi rumah warga berdasarkan data pemilih sebelumnya untuk memastikan bahwa warga masih memenuhi persyaratan untuk mengikuti Pilkada. Disamping itu, pihaknya juga mendata pemilih pemula agar dapat berpartisipasi pada Pilkada.



"Pantarlih itu fungsinya untuk mengkonfirmasi ulang data pemilih yang terdata di DPT. Apakah masih tinggal di alamat terdata, dan lain-lain. Kalau datanya sudah terdata di Kemendagri, Insya Allah sudah terdaftar," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Riau Abdul Rahman menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi berbagai pihak. 

"Kami sangat mengapresiasi kerja keras Pantarlih, PPS,  PPK, KPU Kabupaten/Kota se-Riau dan Bawaslu se-Riau, segenap stakeholder serta dukungan masyarakat yang turut berpartisipasi aktif dalam proses Coklit. Penyelesaian ini menunjukkan komitmen kita semua dalam mewujudkan Data Pemilih Pilbup, Pilwako dan Pilgub Riau 2024 yang bersih, akurat, komprehensif dan mutakhir," jelasnya.

Menurutnya, KPU akan segera melakukan tahapan berikutnya yaitu penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang kemudian akan diumumkan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat. Proses ini diharapkan akan semakin memperkuat validitas data pemilih.

Dengan selesainya proses Coklit, KPU Riau optimis Pilgub Riau 2024 akan menjadi Pilgub yang inklusif dan mencerminkan aspirasi dan partisipasi seluruh masyarakat Riau.