Plt BPBD Siak Pastikan Sarpras Damkar Siap Siaga Atasi Bencana Alam

Plt-BPBD-Siak-cek-Damkar.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Dalam upaya meningkatkan kinerja penanganan bencana alam, Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak Heriyanto melakukan evaluasi sarana dan prasarana (sarpras) pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Siak. 

Evaluasi itu di antaranya melakukan pengecekan sarana dan prasarana di posko pemadam kebakaran BPBD Siak di Kecamatan Siak dan Mempura. 

"Hari ini kita berkunjung ke posko terdekat, posko pemadam kebakaran di samping Istana Siak dan di Kecamatan Mempura. Kita cek keadaan anggota dan peralatan seluruhnya," ucap Plt BPBD Siak, Heriyanto. Siak, Sabtu 15 Juni 2024.

Menurutnya, dari hasil evaluasi terdapat beberapa item yang harus ditambah dan diperbaiki. 

"Catat apa saja yang perlu ditambah dan diperbaiki, nanti kita upayakan. Kita pastikan kedepan sarpras lengkap dan aman, sehingga siap tempur melakukan penanganan saat terjadi bencana alam, kebakaran lahan dan lain- lain," tambahnya. 



Hal ini tentunya supaya memudahkan anggota dalam bekerja, serta penanganan bencana alam dilapangan lebih cepat diatasi. 

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang menimbulkan percikan api yang memicu terjadinya kebakaran lahan dan hutan. 

Sementara itu, Kepala bidang (Kabid) Damkar BPBD Siak, Irwan Priyatna, menyebutkan untuk menunjang kinerja di lapangan, perlu penambahan dan perbaikan sarpras di posko pemadam kebakaran. 

Perbaikan di antaranya service mobil pemadam kebakaran, pompa air dan beberapa item lain. 

“Posko pemadam kebakaran terletak di tengah pusat Kabupaten Siak, untuk itu perlu sarpras yang siap siaga setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam penanganan lebih mudah dan cepat,” katanya.