Karhutla Hanguskan 5 Ha Lahan di Desa Tanjung Kedabu Meranti

Kapolres-Meranti-padamkan-karhutla.jpg
(Dok. Polres Kepulauan Meranti)

RIAU ONLINE, SELATPANJANG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di sejumlah dusun di Desa Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti. Yakni di Dusun 3 Kampung Api-api dengan luas lahan yang terbakar sekitar 3 hektare dan di Dusun 2 Parit Jawa sekitar 2 ha.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan, turun langsung membantu melakukan upaya pendinginan di lokasi kebakaran hutan dan lahan karhutla di Desa Tanjung Kedabu.

Tim Penanganan Karhutla bergerak menuju Pelabuhan Peranggas Jalan Tebing Tinggi, Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebing Tinggi, menuju lokasi karhutla yang berada di Desa Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir.

AKBP Kurnia Setyawan mengungkapkan karhutla diketahui pada Senin, 22 Juli 2024 sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Kedabu, Aipda Daniel User, mendapat informasi dari Kepala Dusun 3 Kampung Api-api, Kamarudin, bahwa telah terjadi kebakaran lahan di daerah Desa Tanjung Kedabu.



Bhabinkamtibmas dan MPA Desa lantas menuju lokasi karhutla untuk melakukan pemadaman bersama masyarakat Desa Tanjung Kedabu. 

"Untuk kondisi saat ini api di TKP karhutla Desa Tanjung Kedabu sudah padam, namun terus dilakukan pendinginan oleh tim di lapangan agar tidak menimbulkan titik api baru yang dapat meluas dan melebar," katanya.

"Saat ini pendinginan masih berlangsung," tutupnya.