311 Ha Lahan Warga di Tiga Desa Inhu Terbakar, Polisi Bakal Selidiki Pelakunya

karhutla-di-lahan-warga-inhu.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, INHU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di tiga desa di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Lahan seluas 311 hektare di Desa Sungai Guntung, Desa Kuantan Babu dan Desa Kampung Pulau Kecamatan Rengat, terbakar sejak Minggu, 20 Juli 2024.

Wakapolres Inhu, Kompol Manapar Situmeang, memimpin pemadaman bersama personel Polres Inhu. Dua helikopter water bombing pun dikerahkan.

"Peralatan pemadam yaitu helikopter water bombing 2 unit, mesin mini stracker 2 unit, selang hisap 2, selang penyalur 7 rool, nozel 3 unit serta ember dan gayung masing-masing 2," ujar Kapolres Inhu AKBP Fahrian Saleh Siregar, Selasa, 23 Juli 2024.

Fahrian menyebut lahan tersebut merupakan milik warga yang belum diketahui identitasnya. Pihaknya mengerahkan puluhan personel setelah menerima laporan karhutla di wilayah Sungai Gantung.



"Kebakaran terjadi sejak Minggu malam. Sejak awal menerima informasi, saya sudah perintahkan Wakapolres untuk mengkoordinir personel untuk melakukan pemadaman di lokasi, nanti saya menyusul ikut pemadaman ke sana," ujar Fahrian.

Fahrian menjelaskan luas lahan yang terbakar di wilayah Sungai Gantung mencapai 300 ha lebih. Pihaknya sempat mengalami kesulitan saat pemadaman, lantaran lahan yang terbakar merupakan kawasan gambut.

"Untuk saat ini api sudah padam, tinggal pendinginan saja. Pemadaman api kami lakukan bersama BPBD dan instansi terkait lainnya," jelas Fahrian.

Ia menegaskan rangkaian tindakan hukum akan segera dilakukan usai pemadaman secara total. Tim Satreskrim akan menyelidiki pelakunya.

"Tentunya kami selidiki, apakah ada unsur kesengajaan yang mengakibatkan kebakaran ini terjadi. Jika ada perbuatan tersebut ditemukan maka akan kami tindak tegas pelakunya," katanya.