2.616 Pelanggaran Terjadi dalam 3 Hari Operasi Patuh LK, Didominasi Pemotor

Operasi-patuh-KL-2024-ditlantas-polda.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 2.616 pelanggaran oleh pengguna jalan dalam tiga hari pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning (LK) 2024. Ditlantas Polda Riau menyebut pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor.

"Kita masih banyak menemukan pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan terlebih pengendara sepeda motor, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus dan tidak menggunakan kanlpot standar," ujar Direktur lalu lintas Polda Riau, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, Jumat, 19 Juli 2024.

Selain menekan angka pelanggaran lalu lintas, lanjut Taufiq, operasi ini digelar guna menciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman saat masyarakat beraktivitas berkendara, dan menumbuhkan kepedulian masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas.

Kombes Taufiq juga mengatakan, Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 juga melaksanakan penindakan terhadap pelanggar kasat mata yang ditemukan saat melaksanakan operasi.

"Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 ini, kita tidak saja melakukan secara humanis dan profesional, namun untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, para pengendara yang ditemukan melakukan pelanggaran-pelanggaran," kata Kombes Taufiq.



Ia menyebut penindakan terhadap pelanggar lalu lintas akan menggunakan camera handheld, mobil onboard yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pengendalian dalam berlalu lintas.

Di beberapa titik kegiatan Operasi Patuh Lancang Kuning, personel Ditlantas maupun Satlantas jajaran melakukan penindakan melalui kamera Electronic Traffic Law Enforcement  (ETLE) atau tilang elektronik, ETLE Handheld serta Etle Mobil Onboard.

"Melalui penindakan ini, kita dari Ditlantas Polda Riau dan Satlantas jajaran akan terus memaksimalkan pelaksanaan operasi, agar getaran nya langsung dirasakan masyarakat," jelasnya.

Ditlantas Polda Riau juga telah melaksanakan kegiatan sosialisasi sebanyak 10.513, pemasangan spanduk imbaun sebanyak 695, imbauan Dikmas sebanyak 19.409 dan imbauan edukasi Kamseltibcarlantas sebanyak 1.105 kali

"Mari kita bersama-sama tertib dalam berlalu lintas, utamakan keselamatan dalam berkendara. Ingat, keluarga tercinta telah menanti di rumah," tambahnya.

Kombes Taufiq juga menambahkan keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab  bersama.

"Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan lalu lintas yang tertib dan aman untuk kita semua. Keluar dari rumah menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dalam keadaan sehat dan selamat, demikian pula kembali ke rumah dalam keadaan sehat dan selamat," tutupnya.

Sejauh ini penindakan melalui ETLE sebanyak 290, Tilang ada 471 dan Teguran ada 1.855. Dengan jumlah Pelanggaran berjumlah 2.616 selama tiga hari Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 digelar.