Helikopter Water Bombing Bantuan BNPB Mendarat di Riau

Helikopter-Water-Bombing-BNPB.jpg
(ANTARA/HO-Humas Pemerintah Provinsi Riau.)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) kirimkan bantuan satu unit helikopter water bombing ke Provinsi Riau.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala pelaksana (Kalaksana) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal.

Edy menyampaikan, helikopter jenis Kamov KA32T RA31009 dengan kapasitas bombing 5.000 liter ini telah mendarat di Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Senin, 3 Juni 2024 sore.

"Helikopter water bombing itu tiba di Pekanbaru, Senin  sore, helikopter ini terbang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menuju Palembang Sumatera Selatan  baru ke Pekanbaru, Riau," kata Edy, dikutip dari Antara, Senin 3 Juni 2024.



Edy menambahkan, hingga saat ini sudah ada tiga unit helikopter water bombing yang siaga untuk penanggulangan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

"Dengan tambahan 1 unit helikopter water bombing dari BNPB tersebut maka ada tiga helikopter yang sudah siaga di Riau yakni 1 helikopter patroli bantuan KLHK dan 1 helikopter patroli, serta 1 helikopter water bombing dari BNPB," terang Edy.

Edy juga menyampaikan, dengan adanya tambahan satu unit helikopter dari BNPB ini, diharapkan bisa memaksimalkan upaya penanggulangan dan penanganan karhutla, khususnya di wilayah Provinsi Riau. (ANTARA)