Jalan Garuda Ujung Rusak dan Berlubang, Pengendara Was-was

Jalan-Garuda-Ujung-Rusak-dan-Berlubang-Pengendara-Was-was.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lubang tergenang air menjadi pemandangan biasa bagi masyarakat di sekitar Jalan Garuda ujung. Pengendara yang melintas pun mesti was-was saat melewati jalan di Kelurahan Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai.

"Ya beginilah yang kita rasakan setiap lewat, was was kita. Jalan rusak dan banyak lubang tergenang," kata Hidayat, warga di sekitar Jalan Garuda, Selasa 9 Juli 2024.

Kondisi Jalan Garuda hingga kini masih mengalami kerusakan parah. Kerusakan terdapat di beberapa titik mulai dari pinggir jalan hingga ke tengah jalan.

Sementara diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjanjikan tiga ruas jalan rusak di Kota Pekanbaru akan segera mulus dalam waktu dekat.

Tiga ruas jalan di Kota Pekanbaru yang tengah dalam perbaikan Jalan Dharma Bakti Kecamatan Payung Sekaki, Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi, dan Jalan Umban Sari Rumbai.

Dinas Pekerjaan Umum dan dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru telah memulai perbaikan di tiga ruas jalan rusak tersebut dan sudah pada tahap overlay menggunakan APBD Kota Pekanbaru 2024.



"Pemko Pekanbaru terus melakukan perbaikan ruas jalan rusak secara bertahap. Satu persatu mulai diperbaiki," kata Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Selasa, 9 Juli 2024.

Risnandar menuturkan, perbaikan jalan rusak menjadi satu di antara prioritas Pemko Pekanbaru. Perbaikan pun telah dilakukan sejak awal tahun lalu.

Saat ini pemerintah kota bersinergi dengan Pemprov Riau melakukan perbaikan jalan rusak. Ruas jalan yang sudah selesai diperbaiki seperti Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Imam Bonjol, Jalan Ahmad Yani, Jalan M Yamin, Jalan Parit Indah, dan Jalan Adi Sucipto.

Sebagai informasi, 36 Ruas jalan di Kota Pekanbaru sudah beralih kewenangannya ke Pemerintah Provinsi Riau. Di antaranya yakni, Jalan Arifin Achmad, Jalan Yos Sudarso, Jalan SM Amin, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Akses Siak IV.

Kemudian, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan HR Soebrantas, Jalan Simpang Pramuka-PT SIR, Jalan Sakti-Melati, Jalan Riau, Jalan Riau Ujung, Datuk Setia Maharaja, Jalan Pesantren.

Ada juga di Simpang Pesantren-Simpang Kayu Ara, Simpang Beringin-Maredan, Simpang Air Hitam-Sungai Sibam, Jalan Hangtuah, Jalan Iman Munandar, Simpang Hangtuah-Simpang Pesantren. Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sultan Syarif Kasim, Jalan M Dahlan.

Selanjutnya, Jalan Diponegoro, Jalan Patimura, Jalan Gajah Mada, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Ahmad Yani, Jalan M Yamin, Jalan Juanda, Jalan Adi Sucipto, Jalan Kartama, Jalan Teropong, Jalan Cipta Karya Ujung, Jalan Cipta Karya dan Jalan Imam Bonjol.