PPDB 2024, Daya Tampung SD Negeri di Pekanbaru Capai 12 Ribu Murid

PPDB-DI-SDN-Pekanbaru1.jpg
(Septri/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 bergulir awal Juli 2024. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mencatat Daya tampung Sekolah Dasar Negeri (SDN) mencapai 12.000 murid.

"Daya tampung sekolah negeri hanya 60 persen. Daya tampung bisa 12.000 lebih murid dengan 178 SD," ujar Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Senin 24 Juni 2024.

Disdik menerapkan pendaftaran secara online untuk PPDB SD tahun ini. Dinas telah menyiapkan antisipasi kendala saat pelaksanaan PPDB online. 

Jamal menyampaikan, upaya antisipasi itu berupa menyiagakan operator di tiap sekolah hingga perpanjangan masa pendaftaran.



"Orangtua calon peserta didik jangan takut menemui kendala saat PPDB seperti listrik padam atau terjadi gangguan server. Saat daftar online mati lampu atau ada gangguan server, masa pendaftaran bisa kami perpanjang," jelasnya.

Jamal mengimbau para orangtua calon peserta didik agar tidak memaksakan anaknya masuk ke sekolah negeri. Apalagi, daya tampung sekolah negeri terbatas.

Sistem PPDB tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya dengan sistem zonasi. Terdapat empat jalur pendaftaran yakni zonasi, afirmasi, prestasi, dan pindahan.

Jalur zonasi diperuntukkan bagi para peserta didik yang domisilinya dekat dengan sekolah. Kemudian jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang dari segi ekonomi dianggap kurang mampu.

Sedangkan jalur prestasi sendiri diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berprestasi baik itu di bidang akademik maupun non akademik. Jalur pindahan diperuntukkan bagi peserta didik yang orangtuanya pindah dari daerah lain ke Kota Pekanbaru.