Siapkan KTP dan KK, KPU Riau Mulai Coklit Daftar Pemilih Pilkada Hari Ini

Gerakan-Coklit-Serentak-GCS.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau mulai melaksanakan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Tahapan Coklit ini akan berlangsung mulai 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024. Maka dari itu, setiap warga diimbau sudah menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) agar nantinya dapat didata oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang datang ke rumah.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Provinsi Riau, Abdul Rahman mengatakan, sebanyak 18.048 petugas Pantarlih sudah digerakkan di 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

"Petugas Pantarlih kita sudah bergerak melakukan proses Coklit. Kita harapkan agar setiap keluarga menyiapkan KTP-el dan KK saat petugas Pantarlih datang. Coklit bisa dilakukan di rumah atau di mana saja, petugas akan datang melakukan tugas dengan harapan pemilih menunjukkan bukti administrasi yang diperlukan," ujarnya.


Ia menjelaskan, Coklit akan dilakukan menggunakan aplikasi e-coklit di ponsel untuk mendata pemilih.

"Nanti petugas juga akan mencocokkan data hasil sandingan data penduduk potensial pemilih Pemilu atau DP4 dan DPT Pemilu terakhir dengan data kependudukan," jelasnya.

Data coklit yang sudah dicatat akan dilaporkan secara berjenjang dari Pantarlih, PPS, PPK, dan KPU kabupaten/kota.

"Kita berharap proses ini berjalan lancar dan masyarakat memberikan data yang akurat demi berjalannya proses Pilkada," jelasnya.

Lanjutnya, data KPU Riau jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dicoklit sebanyak 11.470 TPS. Apabila data pemilih di 1 TPS berjumlah lebih dari 400 orang, maka akan digerakkan 2 petugas Pantarlih.