Usai Diresmikan Mendag Zulhas, Pedagang Segera Tempati Pasar Palapa Pekanbaru

Mendag-resmikan-pasar-palapa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pedagang segera direlokasi ke bangunan Pasar Palapa Pekanbaru yang baru. Bangunan pasar rakyat tersebut telah rampung dan akhirnya diresmikan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, Senin 24 Juni 2024

Selama proses revitalisasi, para pedagang dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Kini ratusan pedagang bakal menempati kios di bangunan baru Pasar Palapa.

"Alhamdulillah ya sudah selesai pasarnya. Kita pedagang semoga bisa nyaman berjualan di dalam pasar yang baru ini," kata Nia, pedagang sembako.

Dalam peresmian pasar, Menteri Zulkifli mengaku senang akhirnya pasar di Jalan Durian ini rampung. Ia menyebut pasar rakyat sangat penting untuk denyut perekonomian rakyat.



Zulkifli revitalisasi pasar ini menggunakan anggaran dana tugas pembantuan. Nilai anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi ini mencapai Rp 3 miliar.

Dirinya menyebut, untuk revitalisasi di bawah Rp 6 miliar bisa ditangani langsung oleh Kementerian Perdagangan. Sedangkan untuk pembangunan pasar di atas Rp 6 miliar nantinya ditangani Kementerian PUPR dengan rekomendasi Kementerian Perdagangan.

"Kalau di atas Rp 6 miliar, itu yang mengerjakan PU. Sedangkan Kementerian Perdagangan merekomendasikan untuk pembangunan," jelasnya.

Kini di bangunan baru Pasar Palapa, lapak yang ada berganti bangunan hall atau aula dengan konstruksi baja. Posisinya berada di belakang karena diperuntukkan bagi pasar basah.