Kuota PPDB SMP Negeri di Pekanbaru Tahun Ini Terbagi 4 Jalur

Rapat-PPDB-SMP.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di Kota Pekanbaru tahun 2024 terbagi dalam empat jalur. Ada jalur zonasi 65-80 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur prestasi 5-15 persen, dan jalur pindahan 5 persen.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyampaikan, jika terjadi pergeseran dalam kuota PPDB, itu karena ada empat jalur yang disediakan. Seandainya empat jalur itu tidak terpenuhi, maka akan diisi oleh jalur tempatan.

"Misal jalur luar kota ada lima yang kosong dan tak capai target, di hari jelang pengumuman, lima ini diisi oleh orang yang tempatan, itu yang terjadi," jelasnya, Kamis 27 Juni 2024.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat tidak panik pasca pendaftaran karena nama calon peserta didik yang masuk akan bergerak terus. Hal tersebut merupakan proses dari pendaftaran PPDB.



"Jika hari ini ada namanya tapi besok nggak ada, bisa saja itu terjadi. Jadi itu bukan permainan," sebutnya.

Rangkaian pendaftaran PPDB tingkat SMP Negeri berlangsung hingga 29 Juni 2024 mendatang. Apabila terjadi kendala tentu jadwal pendaftaran PPDB bakal diperpanjang.

"Masyarakat tidak perlu khawatir kita siapkan opsi. Kalau padam listrik atau rusak server tentu kita perpanjang jadwal pendaftaran," kata Abdul Jamal.

Pihaknya juga memastikan, PPDB tahun ini juga dibuka untuk SMP Negeri 52 yang sedang dibangun di Kecamatan Kulim. Sementara, siswa baru di SMP tersebut akan ditempatkan di bangunan SMP Negeri 26 Pekanbaru.